Implementasi Model PBL Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Beran 4 Ngawi

Arum Ariyani, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati, Lina Cahyawati

Abstract


Saat ini banyak siswa yang masih merasa bahwa Matematika itu sulit, diperkuat dengan bukti motivasi dan hasil belajar rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi denagn pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Peneliti melakukan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan metode planning-acting-observing-reflecting. Penelitian kualitatif ini menggukanan teknik pengumpulan data berupa nilai pre-test, post-test, dan angket motivasi belajar.  Penilitian dilakukan di kelas 2B SDN Beran 4 Ngawi pada Semester 1 tahun ajaran 2023/2024. Pembelajaran dilakukan pada Materi Berbagai Diagram dengan jumlah siswa 22 anak, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Proses pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siswa diminta untuk mengerjakan soal pre-test dan post-test di setiap siklus dan mengisi angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika dengan penerapan model PBL yang terintegrasi dengan CRT. Ketuntasan hasil belajar Matematika pada siklus 1 mengalami kenaikan dari 27% menjadi 50%, dan pada siklus 2 naik dari 27% menjadi 86%. Hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa cukup tinggi dengan persentase setuju 66%.


Keywords


Culturally Responsive Teaching; PBL; Hasil Bejar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. A. (2019). PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN ISLAM. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 58–66. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3993

Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121–1127.

Rahmah, N. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. Al-Khwarizmi, 2, 1–10.

Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 7 MATARAM PADA MATA PELAJARAN KIMIA TAHUN AJARAN 2022/2023. JURNAL ASIMILASI PENDIDIKAN, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18

Septiani, D. A., Andayani, Y., Rena, B., & Astuti, P. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. In No.1JPTK (Vol. 2, Issue 1).

Setiawan, A. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arum Ariyani, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati, Lina Cahyawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.