Identifikasi Kesiapan Guru dalam Mengintegrasikan Computational Thinking Pada Pembelajaran Sejarah di Era Revolusi Digital

Sastiya Devy Nur Pratiwi, Khoirul Huda, Suprajitno Suprajitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesiapan guru dalam mengintegrasikan Computational Thinking dalam pembelajaran Sejarah di era revolusi digital yang menuntut adaptasi guru cepat dalam metode pembelajaran, termasuk dalam pengajaran sejarah. Penelitian dilakukan di SMA N 4 Madiun. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif. Data di peroleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data melalui triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah adalah analisis interaktif. Hasil Penelitian menunjukan: 1) Pemahaman guru pada Computational Thinking; 2) Tingkat kesiapan guru dalam mengintegrasikan Computational Thinking pada pembelajaran terutama pembelajaran Sejarah; 3) Faktor yang mendukung dan menghambat guru dalam mengintagrasikan Computational Thinking pada Pembelajaran Sejarah.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam sebagain besar guru Sejarah pada SMA N 4 Madiun memiliki pemahaman dasar tentang Computational Thinking, tetapi kesiapan mereka untuk mengintegrasikan Computational Thinking pada pembelajaran masih bervariasi. Sehingga untuk meningkatkan kesiapan dan efektivitas integrasi, diperlukan upaya lebih dalam memberikan pelatihan yang berkelanjutan, menyediakan sumber teknologi yang memadai, serta dukungan institusional yang kuat agar dapat memabntu meningkatkan kualitas Pendidikan dan relevansi pembelajaran di era revolusi digital.

Keywords


Kesiapan Guru; Computational Thinking; Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Angeli, C., & Valanides, N. (2020). Developing young children’s computational thinking with e

ducational robotics: An interaction effect between gender and scaffolding strategy.

Computers in Human Behavior, 105, 106191.

Barr, V., & Stephenson, C. (2011). Bringing computational thinking to K-12: What is involved

and what is the role of the computer science education community? ACM Inroads, 2(1), 48-54.

Brennan, K., & Resnick, M. (2012). New frameworks for studying and assessing the

development of computational thinking. Proceedings of the 2012 annual meeting of the

American Educational Research Association. Vancouver, Canada: AERA.

Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational thinking in K–12: A review of the state of the

field. Educational Researcher, 42(1), 38-43.

Lockwood, J., & Mooney, A. (2017). Computational thinking in education: Where does it fit? A

systematic literary review. International Journal of Computer Science Education in Schools, 1(4), 41-57.

Lockwood, J., & Mooney, A. (2017). Computational Thinking in Education: Where Does It Fit?

A Systematic Literary Review. International Journal of Computer Science Education in

Schools, 1(4), 41–55. https://doi.org/10.21585/ijcses.v1i4.18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sastiya Devy Nur Pratiwi, Khoirul Huda, Suprajitno Suprajitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.