Peningkatan Kesadaran Anti-Bullying Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nglames Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama

Rifqi Aulia Zahara, Dahlia Novarianing, Zaini Imron Susilo

Abstract


Bullying merupakan  suatu tindakan kasar dan intimidatif yang dilakukan secara berkelanjutan yang dilakukan oleh suatu kelompok kepada satu individu tertentu. Praktik Bullying  sering kali mengincar  individu yang dianggap  lebih rentan atau berbeda dari kebanyakan individu lainnya dalam lingkungan tersebut. Dengan berkembangnya teknologi di era ini, sangat dibutuhkan kesadaran anti-bullying untuk  membantu  menciptakan  lingkungan  yang  lebih positif, saling menghormati, dan kondusif untuk belajar serta berkembang. Berdasarkan hasil observasi yang telah didapatkan  oleh peneliti di SMAN 1 Nglames didapatkan data bahwasanya  masih terdapat banyak Peserta didik kelas X yang saling mengejek, mengucilkan serta memanggil temannya menggunakan nama bapak atau orang tuanya. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan ini yaitu  untuk meningkatkan kesadaran anti-bullying dengan menggunakan bimbingan kelompok metode sosiodrama. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Nglames pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek Peserta didik kelas X D sebanyak 6 orang. Hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan  bahwa melalui pemberian layanan bimbingan kelompok metode sosiodrama dapat meningkatkan kesadaran anti-bullying Peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pada setiap siklusnya


Keywords


Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama; Kesadaran Anti-Bullying

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Erina Ayu. (2017). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Universitas Brawijaya

Drajat Kurniawan .(2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan: Volume 02 No 01 2018

Dwiki A.P.(2019). Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Keputusan Menjalin Hubungan Pertemanan pada Siswa Kelas VII SMPN 4 Wates. Universitas Negeri Yogyakarta

Nurbaiti, Reni. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Penggunaan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Rasa Empati pada Pelaku Bullying di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung

Prayitno dan Erman Amti. 2015. Dasar-dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta

Tita Astria.(2023). Peningkatan Kesadaran Anti-Bullying Melalui Teknik Sosiodrana pada Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan : Vol 9 No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rifqi Aulia Zahara, Dahlia Novarianing, Zaini Imron Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.