Penerapan Diferensiasi Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Volume Peserta Didik Kelas 4B SDN Manguharjo Kota Madiun

Alvi Nanda Choirina, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Abstract


Pada dasarnya peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda salah satunya adalah gaya belajar, sehingga perlu adanya penerapan pendekatan pembelajaran yang mendukung keberagaman gaya belajar sehingga peserta didik dapat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Peserta didik aktif dalam pembelajaran pasti akan mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran volume melalui pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah metode Kemmis dan Taggart (1998) yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Sebanyak 22 peserta didik kelas 4B SDN Manguharjo menjadi subjek penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan observasi dan tes untuk pengumpulan data. Data yang digunakan adalah data hasil tes belajar peserta didik dan lembar hasil observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan bahwa pembelajaran matematika materi pengukuran volume yang menerapkan diferensiasi gaya belajar dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah kegiatan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran sesuai gaya belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat yaitu persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pra siklus 38%, siklus 1 meningkat menjadi 68% dan siklus 2 meningkat mendekati sempurna menjadi 93% sehingga dapat disimplkan bahwa penerapan diferensiasi gaya belajar dapat mneingkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi  pengukuran volume di kelas 4B SDN Mnaguharjo Kota Madiun.


Keywords


Diferensiasi Gaya Belajar; Hasil Belajar; Pengukuran Volume

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Fajrin, B. F. R. Al, Karimah, L. N., Anisah, N., & Retno, H. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Penggunaan Metode Ceramah. Original Research, 3, 103–108.

Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (learning interest as determinant student learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Radila, I. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Somatic , Auditory , Visual , Intellectual (SAVI) Pada Siswa SMP. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 1–188.

Salim, S, I. R. K.-K., & Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas, pp. 25–25. Perdana Publishing.

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 307 – 317. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp307-317


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alvi Nanda Choirina, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.