Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman Dalam Lipbook Melalui Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Berbantuan Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 05 Madiun Lor
Abstract
Kurangnya kemampuan menulis pengumuman siswa pada kelas bahasa Indonesia di SDN 05 Madiun Lor menjadi penyebab permasalahan ini. Dengan menggunakan media surat kabar sebagai sumber, pendekatan pembelajaran Problem Base Learning (PBL) menawarkan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana paradigma pembelajaran Problem Base Learning (PBL) berbantuan media surat kabar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis pengumuman. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan teknik penelitian yang digunakan di sini, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor pada siklus I mempunyai kemampuan yang kuat dalam memproduksi pengumuman model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dengan berbantuan media surat kabar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Razimah. 2024. Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman Melalui Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Surat Kabar pada Siswa Kelas Vi SD Negeri 011 Sungai Kubu. SD Negeri 011 Sungai Kubu Kabupaten Rokan Hilir.
Rusman, M. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raya GrafindoPersada
Suparno dan Mohamad Yunus. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Kementrian Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Sheila. 2022. Terampil Berbahasa Indonesia. Journal Information, 10, 1–16.
Tarigan. 2020. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Alfionita Nurul Wahidah, Nur Syamsiah, Sri Pudjiwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.