Peningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Pembelajaran Linktr.ee Pada Siswa Kelas IV SDN 04 Klegen

Fina Prastiya, Hartini Hartini, Rohmadi Rohmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran linktr.ee. Linktr.ee dipilih sebagai media karena dapat mengumpulkan berbagai tautan sumber belajar dalam satu halaman, sehingga memudahkan akses siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas.. Jenis tindakan penelitian menggunakan tahapan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan (1) lembar angket respon siswa, (2) lembar aktivitas siswa, (3) lembar hasil belajar siswa. Instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan media pembelajaran linktr.ee untuk pembelajaran yaitu pada siklus pertama media pembelajaran linktr.ee terdapat bebrapa menu saja sedangkan pada siklus kedua media linktr.ee terdapat banyak pilihan menu yang dapat diakses secara langsung oleh siswa dan guru. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 74 % sedangkan pada siklus II presentase 89%, ini menujukan ada peningkatan sebesar 15%. Kemudian aktivitas siswa siklus I presentase rata-rata 65% dan siklus II presentase rata-rata 84 %. Ini menunjukkannpeningkatan sebesar 19%.

Keywords


Hasil belajar; Aktivitas belajar; Media pembelajaran linktr.ee

Full Text:

PDF

References


Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6 M Di Sekolah Dasar. JPSD. 3 (1), 42-52.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Eka Nugraha, A., & Suyatmin. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 2(1), 12–21. https://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/download/25/18

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1). https://www.academia.edu/download/56404057/5258-ID-pengaruh-motivasi-belajar-dan-aktivitas-belajar-terhadap-hasil-belajar-akuntansi.pdf

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fina Prastiya, Hartini Hartini, Rohmadi Rohmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.