Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Materi Penyajian Data Kelas V SD Negeri 02 Madiun Lor

Fameyta Rahma Aulia, Fida Chasanatun, Yesi Novita Adisaatriyani

Abstract


Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar memiliki peran sentral dalam membentuk pemahaman konsep serta berpikir kritis siswa. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah Model Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penyajian data dalam bentuk daftar, tabel dan diagram menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SDN 02 Madiun Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam kegiatan pra tindakan dan 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 1 pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika pada materi penyajian data. Hasil belajar siswa kelas V mengalami peningkatan dilihat dari tetuntasan belajar klasikal siswa yang awalnya dari kegiatan pra tindakan sebesar 40% setelah diberi tindakan pada siklus I sebesar 70% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Rata-rata nilai di kelas tersebut juga mengalami peningkatan dari prasiklus 58,7, siklus 1 76,5 menjadi 91,6 pada siklus 2. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data pada siswa kelas V SDN 02 Madiun Lor.


Keywords


Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Matematika; Penyajian Data

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2012). Learning to Teach. McGraw Hill Education.

Fitri, R. N. (2016). Pengaruh Pembentukan Karakter dengan Kecerdasan Spiritual di SMA Negeri 22 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 111. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/729%0Ahttp://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/729

HARYANTO, C. C., & KUSMIYATI, K. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 312. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i3.1664

Sugiyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Psikologi Pendidikan, 0274, 35. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319838/pendidikan/24-bab-4.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fameyta Rahma Aulia, Fida Chasanatun, Yesi Novita Adisaatriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.