Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Kehidupan Sehari-Hari menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Projek pada Siswa Kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames Kabupaen Madiun

Virda Dyah Rahmayanti, Dwi Rohman Soleh, Sri Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames menggunakan model pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 tahap (siklus). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Siswa diberikan materi dan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis projek, kemudian diwajibkan menulis cerita pendek berdasarkan kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data berupa penilaian menulis cerpen. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif yang memiliki sifat deskriptif. Hasil tes dan analisis yang dilakukan mengalami peningkatan pada siswa kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames dengan  hasil tes pada siklus I dengan perolehan nilai ketuntasan 19 orang dan siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan sebanyak 15 orang kemudian meningkat pada siklus II dengan perolehan nilai ketuntasan sebanyak 30 orang dan tidak tuntas hanya sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis projek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa. Siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis projek menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis cerita pendek, baik dalam aspek struktur, gaya, dan isi cerita.


Keywords


Keterampilan Menulis Cerpen; Cerpen; Model Pembelajaran Berbasis Projek

Full Text:

PDF

References


Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional 2019, 71-90.

Cut Rina, T. E. (2020). Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MI/SD , 150-158.

Desi Pristiwanti, B. b. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.

Dewi Noviyanti, A. A. (2020). Meningkatkan Daya pemahaman melalui Media cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Alam Karawang. Seminar Nasional Bahasa dan Satra Indonesia Sasindo Unpam 2019, 249-254.

Lastaria, S. A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Rakyat pada Guru Bahasa Indonesia SMA Sekalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 123-132.

Marini, S. M. (2020). Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Kakap. EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Rahmi Dewanti, A. F. (2020). Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Pilar : Jurnsl Kajian Islam Kontemporer, 88-98.

Rosiana, L. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Strategi Priblem Based Learning berbantuan Media Wattpad di Siswa Kelas IX-1 SMP Pattimura Tahun Pelajaran 2021-2022. Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Karya Ilmiah Linggau (LP3MKIL), 81-91.

Sukiman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 72-81.

Yossy Idris, H. E. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gamvar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia TA 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 16-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Virda Dyah Rahmayanti, Dwi Rohman Soleh, Sri Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.