Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Project dalam Meningkatkan Sikap Gotong Royong Siswa SDN Beran 4 Ngawi
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya penerapan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan karakter gotong royong pada siswa. Oleh sebab itu diadakan penelitian tindakan kelas, untuk meningkatkan sikap gotong royong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui pembelajaran berbasis project berjumlah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan design milik Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Beran 4 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa observasi dan dokumentasi menggunakan instrument berupa lembar observasi. Setelah mengumpulkan data, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, skor hasil penilaian sikap gotong royong adalah 2 atau tergolong cukup pada siklus I skor hasil gotong royong 3 menunjukkan ada peningkatan dari sebelumnya, dan pada siklus II skor gotong royong adalah 3,36 yang menunjukkan termasuk dalam kriteria sangat baik. Setelah dilakukan pembelajaran berbasis project siswa menunjukkan sikap gotong royong yang baik daam mengerjakan tugas kelompok, bersedia menyelesaikan tugas bersama-sama, menghargai teman, dan tidak mudah menyalahkan teman kelompoknya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abih Gumelar, Maftuh, B., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Project Citizen untuk Penguatan Karakter Gotong Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 37–45. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8318
Basit, A., Sapriya, S., Komalasari, K., & Rahmat, R. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(2), 216–223.
https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.20870
Hidayah, N., Sulfahmi, S., Zairani, I., Yusuf, M., & Sufiati. (2019). Combine Assurance Dalam Konteks Pengendalian. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajeman , Dan Akutansi, 08(02), 32–37.
Kahfi, R., Tatang Sunarya, D., & Karlina, D. A. (2017). Penerapan Metode Reqa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Materi Membuat Dan Menjawab Pertanyaan Dari Teks Yang Dibaca. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1700. Maryoto. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Gotong Royong Siswa Sd. Jees, 1(2),
–165. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES
Nunn, R., Brandt, C., & Deveci, T. (2016). Project-based learning as a holistic learning framework: Integrating 10 principles of critical reasoning and argumentation. Asian ESP Journal, 12(2), 9–53.
Sakinah, A. P., Destiana, A., Prim, D., & Sari, I. P. (2023). Keaktifan, Pjbl. 2(4), 226–231.
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Saripah, A., Lyesmaya, D., & Uswatun, D. A. (2023). Pembelajaran PKN Berbasis Project Dalam Meningkatkan Sikap Gotong Royong Siswa Kelas II SDN Puncaksuji. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2991–3004. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.976
Susetyadi, A. D., & Utami, S. (2023). Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(1), 54–62.
https://doi.org/10.24815/jbe.v15i1.32345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Syari Hanifah, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.