Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran RADEC Berbantuan Media Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 02 Josenan

Anis Banafsa

Abstract


Rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas V menjadi permasalahan utama pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan media Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 02 Josenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan
adalah One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Penentuan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian dan pembahasan
menunjukkan bahwa hasil pretest siswa menggunakan model konvesional diperoleh rata-rata nilai 61,66, sedangkan hasil postes siswa pada kelas kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC berbantuan media Assembler Edu diperoleh rata rata nilai 85,33. Dari analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai t tabel yaitu 2.048. Hasil tersebut juga dilihat dari uji Shapiro wilk dengan sig
sebesar yaitu 0,115. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan Ho ditolak Ha diterima, membuktikan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan media Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 02 Josenan.


Keywords


Model Pembelajaran RADEC; Media Assemblr Edu; Hasil Belajar IPAS

Full Text:

PDF

References


Almuzhir, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2021/2022. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 425. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.425-436.2022

bidin A. (2017). Опыт аудита обеспечения качества и безопасности медицинской деятельности в медицинской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Вестник Росздравнадзора, 4(1), 9–15.

Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes. (2015). Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Febrinigrum, D. P., & Purwaningsih, S. M. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ips Sman 8 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–10.

Ibrahim, H., Taher, D. M., & Haerullah, A. (2023). Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (Radec) Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Islam Samargalila Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 308–315. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6984

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi penerapan/capaianpembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan sosial-ipas/

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80.

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (ReadAnswer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Setyawan, B. (2019). Augmented Reality Dalam. Kwangsan, Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90.

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Subhan, Z. R., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Siklus Air. Journal on Education, 06(01), 4868–4876.

Sugiarto, A. (2022). P E N G G U N a a N M E D Ia a U G M E N T E D R E a L It Y a S S E M B L R E D U U N Tu K. 1–13.

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Sulastyana Erma, & Sunata. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Radec Berbantuan MediaFlipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan

MembacaPemahaman Peserta Didik. XX.

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 6. http://ojssteialamar.org/index.php/JAA/article/view/88


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anis Banafsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.