Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga PAUD

Aisyah Ajeng Jayanty, Alisa Alfina, Sofia Nur Afifah

Abstract


PAUD berkualitas ditunjukkan oleh kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia pada lembaga pendidikan perlu ditingkatkan kualitasnya untuk dapat menjaga mutu pendidikan. Peningkatan dilakukan dengan adanya manajemen pengembangan sumber daya manusia. Manajemen pengembangan sumber daya manusia memiliki peranan penting untuk peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan pentingnya manajemen pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas di lembaga PAUD. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah guru dan kepala sekolah di dua lembaga PAUD. Sumber data sekunder adalah dokumen yang mendukung data penelitian. Penelitian ini dilakukan di dua lembaga PAUD, yaitu TK Desa Nglambangan 01 dan TK Desa Nglambangan 02 . Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat beberapa pendidik di lembaga PAUD sekitar yang belum dapat memenuhi kualifikasi dan kompetensi seorang pendidik. Guru yang tidak memenuhi kualifikasi pendidikan akan mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar karena kurangnya ilmu dalam mengajar. Selain itu kompetensi pada guru juga harus dikembangkan guna meningkatkan kualitas para pendidik. Hal ini dikarenakan kualitas pendidikan guru yang belum memenuhi syarat kualifikasi dan minimnya pelatihanpelatihan yang diikuti guru untuk meningkatkan kompetensinya. Sehingga lembaga PAUD memerlukan manajemen pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas pendidik dan kualitas lembaga.


Keywords


Manajemen; Pengembangan; Sumber Daya Manusia; Lembaga PAUD

Full Text:

PDF

References


Ajeng Tri Utami. (2018). “Manajemen Sumber Daya Manusia Di Ra (Raudhatul Athfal) Afkaaruna Islamic School Yogyakarta “Human Resource Management In RA (Raudhatul Athfal) Afkaaruna Islamic School Yogyakarta.”

Akilah, F. (2018). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 518-534.

Amaliyah, T. (2014). Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen Dalm Meningkatkan Kualitas Bimbingan pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arofaj Kaliwungu Kendal tahun 2013-2014. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang). https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3558

Amir, A. (2019). Membangun Budaya Mutu Pada Lembaga Pendidikan Islam Menuju Madrasah Unggul. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 1–12.

Arif, D., & Pratama, N. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198–226.

Damayanthi, A. A., Hendrawijaya, A. T., & Sintiawati, N. (2022). Potret Permasalahan Sumber Daya Manusia di KB/ TK Puspa Melati, Kaliwates, Jember. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 192-204.

Komalasari. (2022). Paud Berkualitas: Gerakan Menjamin Mutu PAUD. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Nurmalasari, I., & Karimah, D. Z. (2020). Peran Manajamen SDM Dalam Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 33-34.

Purnama, G. N. T., & Ikatrinasari, Z. F. (2018). Pengembangan Sdm Untuk Meningkatkan Kinerja Terkait Keselamatan Kerja. Jurnal Inkofar, 1(1), 39– 48.

Rifa’i, M. (2017). Kebijakan Pendidikan Islam dalam Era Otonomi Daerah. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 99–114.

Sa'diyah, K., Niyarci, Latiana, L., & Formen, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kualitas Pendidik PAUD. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2 (1), 40-46.

Wiyani, N. A. (2020). Dasar-dasar Manajemen PAUD. Yogyakarta: Arruz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aisyah Ajeng Jayanty, Alisa Alfina, Sofia Nur Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.