Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV

Eva Widya Oktavia, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV yang kurang baik pada mata pelajaran matematika materi piktogram. Atas dasar permasalahan tersebut dilakukan upaya dalam memperbaiki pembelajaran dengan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran ini mengutamakan keaktifan peserta didik dalam pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 13 peserta didik kelas IV di SDN Tempursari 02. Objek penelitian ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pre Test dan Post Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar peserta didik pada siklus 1 dengan memperoleh nila rata-rata pre test 73,07 dan post test 81,53 dan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata pre test 85,38 dan post test 91,53. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika peserta didik kelas IV.


Keywords


Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning ( PBL ). 2(4), 36–44.

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736

Denny Pareira Meke, K., & Sero Wondo, T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. 6(3), 588–600.

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 12(1), 1–14.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Probelem Based Leaning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 05(01), 27–35.

Intan Wicahyani, A., & Mukhlishina, I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Muhammadiyah 4 Batu. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 952–963. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7934

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model ProbleM Based

Learning Uuntuk SMP. 7, 52–56.

Yusuf Wibisono, I. (2023). Tingkatan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran.

Sketsa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eva Widya Oktavia, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.