Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantuan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Laurencius Mariano Dhevrad Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas IV semester II SD Negeri 1 Kedunggalar Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan siklusitis. Subyek dari penelitian ini terdiri dari 20 orang siswa kelas IV. Objek penelitian yang dituju adalah pemahaman konsep siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 72%, dan siklus II 100%. Secara berurut dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan. Demikian pula terdapat peningkatan prosentase nilai siswa hasil dari post test memenuhi KKM dari siklus I ke siklus II, 66,5%, dan 79,25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media kartu kuartet dapat meningkatkan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 1 Kedunggalar Ngawi pada tahun pelajaran 2023/2024.


Keywords


Model Pembelajaran Koopeatif tipe Group Investigation (GI); Media kartu kuartet; Pemahaman konsep siswa

Full Text:

PDF

References


Amelia, Iir, Syamsuri Syamsuri, and Novaliyosi Novaliyosi. 2020. “Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang Dan Data.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):331–45. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.212.

Fauzi, S. A., and D. Mustika. 2022. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(3):2492–2500.

Ginanjar, Ani Yanti. 2019. “Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di SD.” Jurnal Pendidikan UNIGA 13(1):121–29.

Hadaming, Hamdana, and Andi Ardhila Wahyudi. 2023. “Media Permainan Kartu Kuartet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Siswa Sekolah Dasar.” JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 2(2):67–74. doi: 10.51574/judikdas.v2i2.838.

Linuhung, Nego, and Satrio Wicaksono Sudarman. 2016. “PENGARUH

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)

TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTs.”

AKSIOMA Journal of Mathematics Education 5(1):52–60. doi: 10.24127/ajpm.v5i1.465.

Rahmayanti, Nisa, Devi Afriyuni Yonanda, and Yeni Dwi Kurino. 2021. “Penggunaan Media Papan Musi ( Multifungsi ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.”Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 2(1):118–22.

Rohani. 2020. “Media Pembelajaran.” Repository.Uinsu 234. Sidowati, Putrika Rahajeng. 2017. “Pengembangan Media Kartu Kuartet Satuan Waktu Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar.” E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan VI(3):238–47.

Widianto, Edi. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2(2):213. doi: 10.24014/jete.v2i2.11707.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Laurencius Mariano Dhevrad Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.