Peningkatan Kemampuan Kognitif Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Menggunakan Model PjBL Pada Sisswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dena Putri Permatasari

Abstract


Studi ini menyelidiki seberapa efektif model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di mata pelajaran matematika dengan topik pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sebagai bagian dari proses penelitian. Studi ini melibatkan tujuh siswa dari kelas IV SDN Karangmalang 2. Lembar observasi dan evaluasi digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan model PjBL mengalami peningkatan, dari 57,14% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II, menunjukkan peningkatan sebesar 28,57%. Pelaksanaan proses pembelajaran dengan model PjBL juga meningkat, dengan persentase rata-rata siswa sebesar 74,28% pada siklus I dan peningkatan yang signifikan pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di kelas IV dalam mata pelajaran matematika, khususnya pada topik pecahan.


Keywords


Kemampuan Kognitif; Matematika; Pecahan; Project Based Learning (PjBL); Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ayu, I. G., Kusuma, J., & Japa, I. G. N. (2018). PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. 1(1), 29–38.

Baharuddin, M. R., & Belajar, H. (2019). CJPE : Cokroaminoto Journal of Primary Education Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Pendahuluan. 2.

Baroroh, S., Alim, J. A., Putra, Z. H., Dasar, P., & Riau, U. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 4, 220–227.

Belajar, M. H. (2023). Implementasi model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar. 7(2), 209–218.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ? 1(2).

Muliani, B. N. (2019). MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI. 1(September), 20–39.

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (n.d.). IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF , PSIKOMOTOR , THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF COGNITIVE , PSYCHOMOTOR , AND AFFECTIVE OF STUDENTS IN. 5(November 2015), 352–364.

Udayana, U. (2015). Refleksi Perencanaan Tindakan Pengamatan.

Yani, L. I., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dena Putri Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.