Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Atas

Novi Tri Wulandari, Selvia Puput Anggraini, Nadila Ayunda Silvia, Dheka Septiana, Nehaya Sadina, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu industri yang diuntungkan oleh pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Guru menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran untuk berkomunikasi dengan siswanya, salah satu alat tersebut adalah Kahoot. Siapa pun yang ingin belajar atau mengajar menggunakan teknik modern dapat memanfaatkan program ini dengan sangat sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat aplikasi Kahoot dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian menggunakan kajian literatur. Sampel sebanyak 10 artikel penelitian dan pengembangan media pembelajaran Kaboot digunakan dalam kajian literature review ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kahoot tidak hanya meningkatkan partisipasi aktif siswa, tetapi juga membantu dalam memperdalam pemahaman konsep-konsep ilmu pengetahuan sosial secara efektif. Penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi juga dinilai mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan engaging.


Keywords


IPS; Teknologi; Kahoot; Media Pembelajaran; Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Arif, M., Sumastuti, E., & Nugraha, A. E. P. (2019). Perbandingan Media Pembelajaran Ppt Dengan Game E-Learning Kahoot Dalam Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di …. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 150–157.

Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28388

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cahyani, Dina, Aprizal, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI . F . 11. Innovative, 3(2), 9348–9362.

Dermawan, R., Masito Mutiara, T., & Kurnisar, K. (2023). Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(2), 163–171. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.8818

Fradani, A. C. (2024). Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. 4, 10812–10821.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50

Murti Sari, T., & Noviani, L. (2023). Penggaruh Blended Learning Tipe Flipped Classroom Dengan Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SAMA Negeri 1 Sukoharjo. Journal on Education, 05(04), 11361–11370.

Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22–27. https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32

Nugraha, T. J., Asriati, N., & Ramadhan, I. (2023). Efektivitas Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kahoot! dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 319–331. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3883

Nyoman Kartika Sari, N., & Hodsay, Z. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. 1, 420–430.

Santoso, J. T. B., & Widiyanti, A. (2022). Kahoot! Sebagai Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Siswa Yang Efektif Dan Menyenangkan. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 171–184. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.21384

Suseno, W. R. A. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Kahoot Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sma Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(4), 377–384.

Yuliani, R. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Materi Perbedaan, Kesetaraan, Dan Harmoni Sosial Melalui Media Aplikasi Kahoot Bagi Peserta Didik Kelas Xi Ips 2 Semester I Sma Islam Hidayatullah Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 121. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45801


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novi Tri Wulandari, Selvia Puput Anggraini, Nadila Ayunda Silvia, Dheka Septiana, Nehaya Sadina, Liana Vivin Wihartanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.