Keefektifan Penggunaan Metode Aksara Jawa Kembar Berbantuan Media Kartu Aksara Jawa Terhadap Keterampilan Penulisan Aksara Jawa Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri

Maya Yudia Putri, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta, Candra Dewi

Abstract


Penulisan aksara Jawa merupakan salah satu materi pelajaran yang perlahan memudar di kalangan generasi muda. Karena kurangnya kompetensi guru terhadap mata pelajaran yang diampu dan kurangnya variasi pembelajaran metode dan media pembelajaran di kelas dan ketersediaan buku yang kurang menyebabkan siswa bosan, malas dan keterampilan belajar mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode AMBAR berbantuan kartu Karsawa terhadap kemampuan penulisan aksara jawa siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Desain penelitian ini mengambil bentuk Quasi Eksperimen Design dengan menerapkan "post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen.


Keywords


Metode AMBAR; Media Karsawa; Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Alfiatun, U. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.

Asriyani, E, N., K, A., Wahyudi, & Suyanto. (2012). Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Aksara Jawa di Sekolah Dasar. 2012. Kalam Cendekia, 2(1), 34–39.

Hakim, L., & Yulianasari, M. (2021). Penerapan Strategi Talking Stick dengan Media Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Aksara Jawa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Ponorogo. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i1.46277

Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 9(2), 2.

Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388

Linayanti, H. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Raja (Aksara Jawa) Terhadap Keterampilan Menulis Huruf Jawa. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 356. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65656

Pitarto Estu. (2018). Mengenal Aksara Jawa dengan Metode AMBAR. wedang jahe wacanadananalisis.https://play.google.com/books/reader?id=n9iGDwAAQBAJ&pg=GBS.PA60&hl=id

Sari, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ketaman (Keterampilan Maca lan Nulis) pada Pelajaran Membaca dan Menulis Aksara Jawa Kelas IV Sekolah Dasar di Pati. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(2). https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.30007

Sari, R. N., & Subrata, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (Kapija) Dalam Keterampilan Menulis Aksara Jawa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 829–838. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23809

Sulistyani, S. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Jawa Melalui Diskusi Kelompok Berbantu Kartu Huruf Pada Peserta Didik Kelas Vi Sd 1 Prambatan Kidul Kudus. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 239–250. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4695

Wibowo, B. A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui QuantumTeaching. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(17), 1673–1683.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maya Yudia Putri, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta, Candra Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.