Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Sites Sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Madiun

Tryfosa Pascha Agelia, Dhios Nomeda Bimantara, Alfiannisa Ayunda Lestari, Giris Ayu Trisendi, Audi Pramudita Anggilia, Firda Julia Safitri, Liya Atika Anggrasari

Abstract


Pembelajaran saat ini masih belum mencapai hasil yang memuaskan yang dilakukan hanya mengacu pada buku dan metode ceramah. Maka dari itu, diperlukan media yang dapat membantu siswa meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Salah satunya dengan memberikan media pembelajaran Google Sites pada pembelajaran IPAS. Google Sites adalah sebuah platform dalam membuat situs web yang menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Model penelitian pengembangan yang dipakai yaitu menggunakan ADDIE. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui pengembangan penggunaan media pembelajaran dengan Google Sites pada materi mengubah bentuk energi kelas IV. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari proses perencanaan, produksi, serta pengujian kelayakan serta keefektifan produk dalam penggunaan dan fungsi yang sebenarnya sehingga dapat bermanfaat bagi subjek studi yang menjadi fokus pada penelitian. Subjek penelitian mencakup satu validator yaitu mahasiswa PGSD Universitas PGRI Madiun. Data yang dikumpulkan nanti adalah data kualitatif dari hasil survey serta wawancara dari subjek penelitian mahasiswa PGSD Universitas PGRI Madiun melalui angket berbentuk gform dan media pembelajaran yang di buat. Selanjutnya data akan diolah berupa pengumpulan data yang akan masuk kepada gform. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Google Sites dianggap sesuai dan efektif untuk mengajar Mengubah Bentuk Energi.

Keywords


Pengembangan Media; Google Sites

Full Text:

PDF

References


Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776-783.

Wulandari, A. W., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2022). PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 83–88.

Mashudi, R. M., Sahra, R. N. A., Ridanti, R. A., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 931-942.

Murtadlo, M., & Farisi, M. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jambura Journal of Educational Management, 108-122.

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tryfosa Pascha Agelia, Dhios Nomeda Bimantara, Alfiannisa Ayunda Lestari, Giris Ayu Trisendi, Audi Pramudita Anggilia, Firda Julia Safitri, Liya Atika Anggrasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.