Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Aplikasi Quizizz Pada Mata Kuliah Sensor Dan Tranduser

Rendi Ananta Putra, Nurulita Imansari, Prabakti Endramawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning menggunakan media pembelajaran quizizz pada mata kuliah sensor transduser  terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Uji coba dilakukan pada mahasiswa semester 4 yang sedang mengambil mata kuliah sensor transduser. Hasil dari uji t menggunakan paired t-test menunjukan hasil sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji t tersebut, maka dapat disimpulkan jika model pembelajaran project based learning menggunakan media pembelajaran quizizz pada mata mata kuliah sensor transduser berpengaruh pada peningkatan hasil belajar mahasiswa.


Keywords


Project Based Learning; Quizizz; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afifah, D. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 63-73.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25)

Afifah, D. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media

Alfonis, W. (2021). Pengembangan Modul Project-Based Learning dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with “Kurikulum Merdeka Belajar”. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105-116.

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116.

Ananda, A. W., Suryanti, H. H. S., & Rahman, I. H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Madyotaman No. 38 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18270-18274.

Dewi, P. S. (2021). E-Learning: PjBL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1332-1340.

Dianti, R., Riyoko, E., & Sholeh, K. (2023). Implementasi Pembelajaran Ips Berbasis Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Abad 21 Di SD Negeri 89 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1428-1440.

Fadly, R. D., Sulastry, T., & Side, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran Kooperatif TipeTeams Games Tournament terhadap Hasil Belajar SiswaKelas XI MIA SMAN 1 Gowa. Jurnal Chemica, 21(1), 100-108.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Univertas Diponegoro.

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 251. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038

Indriani, L., Haryanto, H., & Gularso, D. (2022). Dampak Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 214-222.

Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128.

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi model project based learning (PjBL) dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa teknik mesin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162-5169.

Risky, E. A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Kajian Pustaka Model Pembelajaran Talking Stick Dan Kemandirian Belajar PPKn Sekolah Menengah Pertama (SMP. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 101-110.

Rolina, D., & Efendi, R. (2023). Korelasi Aplikasi Quizizz pada Minat Belajar Siswa di SMK Kristen Bisnis dan Manajemen Salatiga. Jurnal Pendidikan, 32(1), 33-42.

Saputri, D. A., Aminah, S., & Wakhyudin, H. (2023, July). 190. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Game Quizizz Paper Mode pada Peserta Didik Kelas V SD 5 Margorejo. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 1699-1707).

Saptayana, I. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal varidika, 30(1), 79-83.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Dalam Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(1).

Tafonao, A. S. E. D. D. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3).

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347-356.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rendi Ananta Putra, Nurulita Imansari, Prabakti Endramawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.