Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Relia Gita Priyangka, Raras Setyo Retno, Moeh. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran  probem based learning berbantu media articulate storyline terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.   Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang dipilih yaitu metode Quasi Eksperimen Desaign dan bentuk desain penelitian yang dipilih adalah Post-test Only Control Group Design dengan menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran probem based learning berbantuan media articulate storyline dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) berbantu media tangga satuan panjang. Sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul yang dibagi menjadi dua kelompok Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil pembelajaran matematika siswa sekolah dasar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (3,061) yang lebih besar dari t tabel (1,706). Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran probem based learning berbantuan media articulate storyline efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik.

Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning; Media Articulate Storyline; Hasil Belajar Matematika; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 2809–8005. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp

Anitasari, R. W., & Utami, R. D. (2022). Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5926–5935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3167

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Halimsyah, A., Sari, A. J., Siregar, H., Ritonga, N. Z., & Novita. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 423–428.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Meliyanti, M., Nahdi, D. S., & Yonanda, D. A. (2018). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(2), 196–204. https://doi.org/10.31949/jee.v1i2.1511

Nahdi, D. S. (2017). _____________________ 1. 3(1).

Rahayu, et. al. (2019). Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 448–454.

Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/1208

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Syam, N., Hakim, A., & Harmansyah, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SDN 151 Kadeppe Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. JUARA SD : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 231–242.

Wati, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Relia Gita Priyangka, Raras Setyo Retno, Moeh. Soeprijadi Djoko Laksana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.