Upaya Peningkatan Kreatifitas dan Keaktifan Minat Belajar Melalui Proyek Infografis pada Aplikasi Canva di Kelas X-H SMAN 6 Madiun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keaktifan minat belajar siswa kelas X-H SMAN 6 Madiun dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui proyek infografis menggunakan aplikasi Canva. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 37 siswa sebagai subjek penelitian. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang. Instrumen penelitian meliputi tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan proyek infografis pada aplikasi Canva dapat meningkatkan kreativitas dan keaktifan minat belajar siswa secara signifikan. Pada post-test siklus I, masih sebanyak 12 siswa (32,4%) yang belum mencapai nilai KKM. Namun, pada post-test siklus II, seluruh siswa berhasil melampaui nilai KKM. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning melalui proyek infografis dengan aplikasi Canva dapat membuat pembelajaran Pendidikan Pancasila lebih menyenangkan dan meningkatkan minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M., Lestari, K. D. 2016. Prestasi Belajar Matematika di Tinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Jurnal Formatif, 6(1), 50-61. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/752/661
Astuti, R., Aziz, T. 2019. Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294-302. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/99
Farhana, Husna and Awiria, Awiria (2019) Penelitian tindakan kelas. In: PENELITIAN TINDAKAN KELAS. HARAPAN CEDAS, JAKARTA, pp. 1-134. http://repository.ubharajaya.ac.id/6098/
Fitriyani, F., Barokah, A., & Kurniati, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran PKN Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 540-552.
Kharissidqi, M. T., Firmansyah V. W. 2022. Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian, Journal of Education and Humanity 2(4), 108-113. https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34/62
Nurhasanah, S., Sobandi, A. 2016. Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1), 128. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=minat+belahar&btnG=#d=gs_qabs&t=1715443044460&u=%23p%3D52MGJ7_xyoMJ
Pangalila, T., Paka, N., Pombaile, E., Abdul, A., & Sampel, F. L. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Tondano. Academy of Education Journal, 15(1), 415-420.
Pratiwi, E. T., Setyaningtyas, E. W. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learnin dan Model Pembelajaran Project-Based Learning. Jurnal Basicedu 4(2), 379-388. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/362/pdf
Saputra, A. D. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 6 dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas V SD N 1 Sumberagung (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ryo Bintang Azfar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.