Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Nurul Fathikhin, Davi Apriandi, Purwaningtijas Purwaningtijas

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar matematika di SMPN 2 Madiun yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Sehingga tujuan penelitian yang dilakukan adalah meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan Tarl. Penelitian ini tergolong pada penelitian tindakan kelas (PTK). Metode penelitian yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui minat belajar peserta didik dan nilai asesmen sumatif sebagai pengukuran hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif komparatif. Indikator keberhasilan dilihat dari peningkatan nilai rata-rata minat belajar dan nilai asesmen sumatif sebagai penentuan ketercapaian tujuan pembelajaran/ hasil belajar. Pada siklus 1 rata-rata minat belajar 70 % dan hasil belajarnya 74,38 sedangkan pada siklus ke 2 rata-rata minat belajar 85% dan hasil belajar 88,21. Sehingga terdapat peningkatan minat belajar sebesar 15% dan hasil belajar 13,83%.

Keywords


TaRL; Minat Belajar; Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Cahyono, SD.(2022).Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD.3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan N.Jurnal PendidikanTambusai,6(2), 12407–12418

Depdiknas. (2003). Undang - undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Jamari,M. (2015). Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rusman. (2015). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana. Shoimin,

Syarifudin, dkk. (2022).Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Peserta didik. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Inovasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Fathikhin, Davi Apriandi, Purwaningtijas Purwaningtijas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.