Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Ngegong

Risma Widyawati, Cerianing Putri Pratiwi, Siti Aminah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguraikan (1) perencanaan penggunaan media Powtoon dalam keterampilan menulis teks prosedur, (2) pelaksanaan penggunaan media Powtoon dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur, dan (3) hasil belajar aspek keterampilan peserta didik setelah penggunaan media Powtoon dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi dan tes yang selanjutnya dilakukan analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas IV mengalami peningkatan persentase setelah pembelajaran dengan media Powtoon pada setiap siklusnya. Dapat diamati dari hasil belajar segi keterampilan menulis teks prosedur pada peserta didik di kelas IV yang menunjukkan nilai dengan kategori Sangat Baik pada siklus ke II dibandingkan dengan siklus ke I.

Keywords


media Powtoon; keterampilan menulis; teks prosedur

Full Text:

PDF

References


Arif Fadilah, M.Pd, A., Sukmawati, I., & Yulyawan Kurniawan, M.Pd, E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 5 Sd Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(9), 1843–1858. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.259

Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Penggunaan media Pembelajaran Powtoon dalam Materi Membaca Dongeng di Kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 447–461.

Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Nadya, A., & Wini, T. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal BASICEDU, 6(4), 7327–7333.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1029

Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Yang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 95–101. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Risma Widyawati, Cerianing Putri Pratiwi, Siti Aminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.