Peningkatan Kematangan Pilihan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Nglames

Winda Reza Yolanda Putri, Dahlia Novarianing Asri, Zaini Imron Susilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kematangan pilihan karir pada peserta didik pada jenjang kelas X di SMA Negeri 1 Nglames dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan simulasi. Metode pada penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang terdiri dari dua siklus tindakan. Pada tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan layanan bimbingan kelompok menggunakan permainan simulasi Uno Stacko. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kematangan pilihan karir yang signifikan pada peserta didik. Skor rata-rata kematangan pilihan karir meningkat dari 36 pada pra siklus, kemudian 67,5 pada siklus I, dan mencapai 92 pada siklus II. Hasil dari tiap siklus menunjukkan peningkatan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan simulasi terbukti efektif guna meningkatkan kematangan pilihan karir peserta didik. Melalui permainan simulasi, peserta didik dapat mengeksplorasi pilihan karir, mempraktikkan pengambilan keputusan, serta memperoleh pemahaman mendalam tentang diri sendiri dan prospek karir yang sesuai.


Keywords


Bimbingan Kelompok; Teknik Permainan Simulasi; Kematangan Pilihan Karir

Full Text:

PDF

References


Apriansyah, A., Hadiwinarto & Mishbahuddin, A. (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa MAN 2 Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu, 1 (3)

Asiani, H. N., Latif, S. & Mayasari, S. (2012). Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Mengambil Keputusan Studi Lanjut Menggunakan Pendekatan Client Centered. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 2 (2)

Azwar, B., Rizal, S. & Maemunah. (2023). Perencanaan Karir Siswa Dengan Layanan Bimbingan Konseling di Kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. SULUH Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8 (2)

Bachtiar, I. H. & Rosada, U. D. (2022). Pengembangan Ular Tangga Popoki (Pion-Pion) Karir Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa SMA Negeri 1 Kuningan. al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11 (1)

Darmasaputro, A. (2018). Hubungan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier dan Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 30 (17)

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya Falentini, F. Y., Taufik & Mudjiran, (2013). Usaha Yang Dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan-Hambatan Yang Ditemui. Konselor, 2(1)

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E. & Tadjri, I. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6 (1)

Larastuti, A. V. & Putranti, D. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Game untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Moyudan. Naskah Publikasi. Universitas Ahmad Dahlan

Melianasari, D. (2016). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Permainan Simulasi dan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14 (2)

Milah, M. T., Sudirman, D. & Fridayanti, F. (2022). Kematangan Karier Siswa: Peranan Tipe Kepribadian dan Dukungan Sosial. Indonesian Psychological Research, 4 (1)

Pamungkas, J. (2016). Hubungan Layanan Bimbingan dan Konseling dan Kemandirian dengan Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014. Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Bimbingan dan Konseling Rachman

Rahayu, M. (2017). Penerapan Permainan Simulasi sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Konflik di SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Pendidikan Islam: Pendekatan Interdisipliner, 1 (2)

Ristian, T., Rahmadani, N. & Hidayat, D. R. (2020). Studi Literature: Pendekatan Teori Trait and Factor Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. JIBK Undiksha, 11 (1)

Safitri, E., Kiswantoro, A. & Zamroni, E. (2020). Meningkatkan Kematangan Pemilihan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3 (1)

Saifuddin dkk. (2017). Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier. Jurnal Psikologi, 44 (1)

Saputra, H. & Rahmi, A. (2021). Penerapan Teknik Simulation Games dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Konsentrasi Belajar Remaja di Nagari Sungai Dareh Kecamatan Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1)

Sari, A., Nanere, Y. E. & Ernawati, R. (2023). Kematangan Karir Siswa Remaja dalam Menghadapi Dunia Pekerjaan. Jurnal Suluh Pendidikan (JSP), 11 (1)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta

Sulistiyanti, D. & Fitria, E. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Kartu Uno Terhadap Eksplorasi Karier. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2020 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY

Susantoputri, Kristina, M. & Gunawan, W. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri Karir Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Di Daerah Kota Tangerang. Jurnal Psikologi, 10 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Reza Yolanda Putri, Dahlia Novarianing Asri, Zaini Imron Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.