Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Canva pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 4 Madiun
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam keterampilan menulis teks tanggapan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks tanggapan menggunakan model pembelajaran project based learning dengan media canva. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2023/2024 sejumlah 32 orang dengan rincian 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data hasil penelitian diambil menggunakan instrumen angket, observasi, dan tes tertulis. Sementara teknik analisisnya yaitu teknik deskriptif komparatif. Data yang disajikan merupakan hasil belajar siswa dari kegiatan pra-siklus, siklus I, dan siklus
II. Berdasarkan hasil analisis data dan pengamatan diperoleh hasil sebagai berikut. Perolehan nilai rata-rata pada kegiatan pra-siklus, siklus I, dan siklus II secara berurutan yaitu 65, 68, dan 80. Persentase kenaikan ketuntasan belajar secara berurutan yaitu 37,5%; 46,9%; dan 81,25%. Sementara untuk persentase keefektifan pembelajaran secara berurutan yaitu 48%, 62%, dan 85%. Simpulan hasil penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL dengan media canva dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks tanggapan dengan baik, kreatif, dan inovatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dinamaryati, D. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre dengan Media Pembelajaran Kartu Topik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyusun Teks Tanggapan di SMPN 4 Bolo Kelas IX-3 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Indonesia (JPPI), 1(2), 328–339.https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.57
Harjono, N. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik muatan ipa melalui model problem based learning kelas 5 sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20.
Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549
Putri, U. A., Lestari, S., & Kasir, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Rangkuman Alur Cerita Fiksi Menggunakan Mind Mapping Dengan Media Canva Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Jatikalen. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(1), 153–163.
Rahmawati, A. L., Lestari, S., & Hamidiyah, T. (2023). Peningkatan keterampilan menulis surat resmi menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media canva pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngronggot. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(1), 207–215.
Ruslan, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Siswa kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 144–156. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mega Putri Wulandari, Eni Winarsih, Sri Andayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.