Pengaruh Media Diorama Prodiko Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPAS

Choirum Cahyani Setiyoningrum, Agustinah Agustinah, Khoirul Huda

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPAS pada materi kegiatan ekonomi dengan berbantuan media diorama prodiko. Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Klegen pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 di kelas IVB. Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus memiliki 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan untuk mendapatkan data, dan yang terakhir melakukan refleksi untuk mengetahui berhasil atau tidaknya tindakan yang dilakukan. Pada kegiatan prasiklus, peserta didik memiliki motivasi belajar yang masih rendah. Motivasi belajar prasiklus mencapai 64% (kategori rendah), siklus 1 mencapai 78 % (kategori sedang), dan siklus 2 mencapai 86% (kategori tinggi). Peningkatan terjadi mulai siklus 1 dan 2 yaitu ketika pembelajaran IPAS berbantuan dengan media diorama prodiko sudah mulai diterapkan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media diorama prodiko dapat meningkatkan motivasi belajar IPAS pada materi kegiatan ekonomi. Kesimpulan dari penilitian ini adalah penggunaan media konkret dapat meningkatkan motivasi peserta didik selama mengikuti pembelajaran sehingga mereka dapat memahami materi yang sedang dipelajari dengan baik.

Keywords


Motivasi Belajar; Media Diorama Prodiko; Kegiatan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Amalia, Rizki Umu. 2017. “Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling 6(3):53–59.

Fauzi, Achmad. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar).” Jurnal Pahlawan 18(2):18–22.

I Putu Ade Andre Payadnya, S. P. M. P., S. P. M. P. I Made Surya Hermawan, S. P. M. P. Ida Ayu Made Wedasuwari, S. P. M. P. Rulianto, and S. P. M. P. I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2022. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Mulya, Gumilar, and Anggi Setia Lengkana. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani.” COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga 12(2):83. doi: 10.26858/cjpko.v12i2.13781.

Ni Wayan Sri Darmayanti, S. P. M. P., S. P. M. P. Kompyang Selamet, M. P. Dr. Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti, S. P. M. P. Dr. Dimas Qondias, I. K. W. B. Wijaya, K. Y. Witraguna, I. K. M. A. Jaya, and N. N. Persi. 2024. Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Dan Implementasinya Bagi Guru Dan Mahasiswa. Nilacakra.

Rahayu, T. P. 2020. Pelaku Kegiatan Ekonomi. Alprin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Choirum Cahyani Setiyoningrum, Agustinah Agustinah, Khoirul Huda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.