Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizwhizzer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD

Nurdianti Siti Rukmana, Yudi Hartono, Ininik Endrawati

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran matematika terkait dengan konsep turunan menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) yang didukung oleh aplikasi QuizWhizzer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 28 siswa dari kelas VI-B SDN 03 Klegen Kota Madiun, dengan data yang dikumpulkan melalui partisipasi guru dan siswa. Metode pengumpulan data melibatkan tes dan observasi, serta analisis data secara kuantitatif.Dari hasil penelitian di SDN 03 Klegen Kota Madiun, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dengan dukungan QuizWhizzer efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi turunan. Terjadi peningkatan signifikan dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa dari 50% pada siklus I menjadi 78,57% pada siklus II. Sementara itu, tingkat keaktifan siswa juga meningkat, dari 46% pada siklus I menjadi 91,6% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT dengan bantuan QuizWhizzer mampu meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VI-B SDN 03 Klegen Kota Madiun.


Keywords


Teams Games Tournament; Quizwhizzer; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, Marisa, I. Nyoman Suardana, and Kompyang Selamet. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 4(1):90–101. doi: 10.23887/jppsi.v4i1.33868.

Depdiknas. 2006. “Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah Dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Dikdas 1–8.

Latifah, Arinatul. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Dinamika Litosfer Kelas X IPS SMA Ponorogo.” - 1(1):1–5.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Pratiwi, Indah. 2019. “Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 4(1):51–71. doi: 10.24832/jpnk.v4i1.1157.

Susanto, Devinta Agung, and Erik Aditia Ismaya. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Quizwhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 ituko.” Cokroaminoto Journal of Primary Education 5(1):104–10. doi: 10.30605/cjpe.512022.1583.

Vinidiansyah, Ananda Savira, Nurhaniah Nurhaniah, and Andi Andi. 2021. “Penggunaan Metode Belajar Berbasis Game Sebagai Upaya Memecahkan Problematika Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia 4(2):165. doi: 10.17977/um0330v4i2p165-179.

Wayan Sumandya, I., and Kadek Gita Saraswandewi. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Quizwhizzer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 14(1):26139677.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurdianti Siti Rukmana, Yudi Hartono, Ininik Endrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.