Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Media Jumble Teks Pada Siswa Kelas V SDN 05 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Miftah Fitriandhani, Nur Syamsiyah, Sri Pudjiwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 05 Madiun Lor dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Menulis Teks Eksposisi” dengan menggunakan media pembelajaran Jumble Teks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya meliputi tahap pembuatan rencana, penyelenggaraan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor dengan jumlah 28 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui soal evaluasi pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Jumble Teks dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada prasiklus, dimana tingkat ketuntasan klasikal sebesar 54%. Pada siklus I meningkat menjadi 64%, meskipun hasil ini belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 80%. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan pada siklus II, dimana presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 89%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Jumble Teks bisa meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Menulis Teks Eksposisi” siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor.  


Keywords


Hasil Belajar; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Menulis; Media Pembelajaran; Jumble Teks

Full Text:

PDF

References


Agung, A. G. (2023). Pentingnya Keterampilan Membaca Dan Menulis Sebagai Pembuka Gerbang Ilmu Bagi Santri Pondok Pesantren Rabbani Yatim Dhuafa (Desa Pantai Gemi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat). Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 4(1), 41-47.

Asmarani, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Berbasis Android (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Astiti, N. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. 26(2), 193–203.

Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. 9, 321–334.

Febryananda, I. P., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 2 Kediri. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran, 7(04), 170-174.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Hastuti, D. (2019). Keterampilan Menulis Teks Eksposisi.

Pahleviannur, M.R., Mudrikah, S. &dkk (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka

Kapang, E. T. (2023). Penerapan Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara.

Putri, N. A., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi melalui model problem based learning dengan media gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11-21.

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Miftah Fitriandhani, Nur Syamsiyah, Sri Pudjiwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.