Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi TaRL dengan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Hanifah Naf’an Lathif Ja’far, Davi Apriandi, Purwaningtijas Purwaningtijas

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi Teaching at The Right Level (TaRL) dengan model discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan asesmen sumatif, observasi aktivitas peserta didik, dan observasi aktivitas guru. Berdasarkan asesmen diagnostik yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil sebesar 58,62%. Setelah dilakukan tindakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari hasil asesmen sumatif pada siklus I yaitu 74,48% dan pada siklus II yakni 86,03%. Kemudian, jika dilihat dari hasil observasi aktivitas guru juga terdapat peningkatan, pada siklus I mendapat skor 76 dan pada siklus II mendapat skor 87. Selain itu,  Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan pendekatan berdiferensiasi Teaching at The Right Level (TaRL) dengan model doscovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Madiun.

Keywords


Puisi; Unsur-unsur puisi; Model Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Agustiana, J. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 91. https://doi.org/10.32699/spektra.v5i1.80

Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4

Ekadiani, F., Anwar, M., & Sarce. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan Model. 5(3), 913–922.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Indrawati, F. (2019). Hambatan Dalam Pembelajaran Matematika. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 62–69. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.293

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Lituhayu, P. N., & Widianingrum, A. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Tarl Bermedia Papan Permainan Untuk Meningkatkan Keaktifan Kelas VIII F SMPN 35 Semarang. 1301–1308.

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.

Nadziroh, U. A., Ariyanto, L., & Goretty, M. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Implementasi Pendekatan TaRL dengan Model PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis materi SPLTV kelas X SMK. November.

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nurul, B., & Rachmani, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjaudari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran PreprospecBerbantu TIK. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 299. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/54190-Article Text-154757-1-10-20220205.pdf

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Rachmawati, T. K. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 51. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130

Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanifah Naf’an Lathif Ja’far, Davi Apriandi, Purwaningtijas Purwaningtijas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.