Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Luas Dan Keliling Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran PBL Siswa Kelas IV SDN 05 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Dwi Fitriani, Elly’s Mersina Mursidik, Djoko Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 05 Madiun Lor dalam pembelajaran Matematika pada materi”Luas dan Keliling Bangun Datar Persegi Panjang” dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan pembauatan rencana, penyelenggaraan observasi dan refleksi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 05 Madiun Lor dengan jumlah 27 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui soal evaluasi pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatkan hasil belajar siswa pada prasiklus, dimana tingkatan ketuntasan klasikal sebesar 52%. Pada siklus I meningkat menjadi 64%, dari hasil ini belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 80%. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan pada siklus II, dimana presentase ketuntasan meningkat menjadi 88%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning bisa meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika pada materi “Luas dan Keliling Bangun Datar Persegi Panjang” siswa kelas IV SDN 05 Madiun Lor.


Keywords


Hasil Belajar; Matematika; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Kumalasari, O. D., Samsiyah, N., & Pujiati, W. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas Iii Sd N Pilangkenceng 01 Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5561-5573.

Lapase, M. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134-143

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Pahleviannur, M.R., Mudrikah, S. &dkk (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka

Purnama, A., Suryana, Y., & Elan, E. Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Segitiga Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Di Kelas II Sd. Indonesian Journal Of Primary Education, 2(1), 78-86.

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35.

Zulaeliyah, I. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Gunungpayung Pada Materi Keliling Serta Luas Bangun Datar Dengan Model Problem Based Learning. Satya Widya, 37(1), 25-32.

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Fitriani, Elly’s Mersina Mursidik, Djoko Pramono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.