Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 03 Klegen Kota Madiun Materi Piktogram

Bintar Luhur Aprilian, Agustinah Agustinah, Khoirul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media flashcard dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 03 Klegen Kota Madiun materi piktogram. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dimana pada setiap siklus tersebut terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Klegen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan non-tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan analisis deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan dengan mentabulasi skor pada masing-masing ubahan untuk mencari statistik deskriptif yang berupa rerata dan persentase keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada hasil belajar siswa siklus I pada akhir pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 72 dari 26 siswa, 13 siswa dinyatakan tuntas belajar dan 13 siswa tidak tuntas. Pada akhir siklus II, nilai rata-ratanya mencapai 85 dari 26 siswa, 22 dinyatakan tuntas belajar dan 4 siswa tidak tuntas. Secara persentase dapat dilihat peningkatan hasil belajar dari yang semula 50% meningkat menjadi 85 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 03 Klegen Kota Madiun materi piktogram.


Keywords


Media Flashcard; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Parnawi, (2020). Classroom action research - Penelitian tindakan kelas. In Workshop on Teaching Grant for Learning Innovation (Issue 16).

Rizkyani, M., & Amelia, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas IIB SDN Kayuringin Jaya VI Bekasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 141–148. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/download/683/369

UU SISDIKNAS. (2003). https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bintar Luhur Aprilian, Agustinah Agustinah, Khoirul Huda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.