Penggunaan Media Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 03 Klegen Kota Madiun

Bima Setiyansah, Agustinah Agustinah, Khoirul Huda

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan guna meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media papan berpaku pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah penelitian Tindakan kelas meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 03 Klegen yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini mendapatkan hasil peningkatan motivasi belajar yang dilihat dari hasil penyebaran angket motivasi belajar setelah dilakukanya tindakan. Hasil pratindakan menunjukan motivasi belajar siswa sebesar 57%. Pada pelaksanaan siklus 1 motivasi belajar siswa meningkat menjadi sebesar 73%. Pada pelaksanaan siklus 2 motivasi belajar siswa meningkat menjadi sebesar 88%. Hasil observasi selama pelaksanaan tindakan, siswa terlihat sangat antusias mengikuti pembelajaran dengan penggunaan media papan berpaku pada pembelajaran matematika sehingga terbukti bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


PTK; Media Papan Berpaku; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Afrilia, L., Neviyarni, Arief, D., & Amini, R. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI. 8(3), 710–721.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Posiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(2019), 181–188.

Gita. (2021). Jurnal Ilmiah Pedagogy PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH Jurnal

Ilmiah Pedagogy. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(20).

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Novianti, N., Maula, L. H., & Amalia, A. R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Takbar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1682–1693. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1407

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Crasroom Action Research) (p. 110).

Deepublish.

Puspitasari, R. N. (2022). Efektifitas Permainan Tradisional Terhadap Pemahaman Bilangan. Jurnal Lentera Anak, 3, 1–16.

Safitri, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “KELAS BANGTAR” untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–1002. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.580

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan game edukasi Kahoot! dalam menunjang pembelajaran Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 46–57. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/29851

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bima Setiyansah, Agustinah Agustinah, Khoirul Huda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.