Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Manfaat Keanekaragaman Hayati dan Aktivitas Yang Mengancam dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V

Arisa Putri Agustina, Nur Syamsiah, Sri Pudjiwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang manfaat keanekaragaman hayati dan aktivitas yang mengancamnya melalui penerapan model pmeblejaran jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya meliputi tahap pembuatan rencana, penyelenggaraan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor dengan jumlah 28 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui soal evaluasi pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus, dimana tingkat ketuntasan presentase nilai rata-rata hanya sebesar 63%. Pada silkus 1 mengalami kenaikan menjadi 72%, meskipun hasil ini belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 80%. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan pada siklus II, dimana presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 87%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw bisa meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS dengan materi manfaat keanekaragaman hayati dan aktivitas yang mengancamnya pada siswa kelas V di SDN 05 Madiun lor.


Keywords


Hasil Belajar; IPAS; Model Pembelajaran Jigsaw; Keanekaragaman Hayati

Full Text:

PDF

References


Arum, R., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cendekiawan, 5, 1–8.

Fitriani, A., Sudirman, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Pendekatan Discovery Learning Berbasis Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 585–592. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.534

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Effectiveness of the Culturally Responsive Teaching ( CRT ) Approach to Improve Learning Outcomes for Class II Elementary School St. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121–1127.

Rizkiyah, farikha laili, & Mulyani. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2581–2590. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/27292


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arisa Putri Agustina, Nur Syamsiah, Sri Pudjiwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.