Upaya Peningkatan Kemampuan Menentukan Makna Kata Berimbuhan Dengan Model Pembelajaran PBL Yang Berbasis Media Teks Cerita Pendek Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peserta Didik Kelas 5 Sdn 05 Madiun Lor

Alfinia Alam Sari, Nur Syamsiyah, Sri Pudjiwati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk peningkatan kemampuan menentukan makna kata berimbuhan dengan model pembelajaran PBL yang berbasis media teks cerita pendek terhadap peserta didik kelas 5 SDN 05 Madiun Lor. Penelitian yang diterapkan yaitu jenis Penelitian Tindak Kelas. Peserta didik kelas 5 SDN 05 Madiun Lor yang menjadi subjek dalam studi ini. Alat evaluasi yang dipakai untuk penelitian ini yaitu tes berformat pilihan ganda. Cara pengumpulan data yang diterapkan yaitu pemberian tes setelah proses pembelajaran. Hasil pembelajaran peserta didik dianalisis dengan menerapkan rumus berikut: Nilai peserta didik sama dengan skor perolehan dibagi skor maksimum, kemudian dikalikan 100. Metode pengelolaan data yang diterapkan adalah menggunakan Standart Ketuntasan Minimal (KKM). Metode analisis data yang dipakai merupakan metode deskriptif. Hasil studi menunjukan bahwa model pembelajaran PBL yang berbasis media teks cerita pendek dapat meningkatkan kemampuan menentukan makna kata berimbuhan terhadap peserta didik kelas 5 SDN 05 Madiun Lor. Mengacu pada persentase capaian ketuntasan peserta didik kelas 5 pada tahap prasiklus, yang mencapai 46,42% dengan nilai rerata sebesar 71,07. Terjadi peningkatan pada siklus ke I sebanyak 17,86%, dengan besaran persentase ketuntasan mencapai 64,28% dan nilai rerata mencapai 78,57. Peningkatan signifikan pada siklus II sebanyak 28,57 % serta persentase ketuntasan 92,85% dan nilai rerata 85.


Keywords


Makna Kata Berimbuhan; Problem Based Learning (PBL); Teks Cerita Pendek

Full Text:

PDF

References


Afdholiyah, E., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SD Negeri 2 Seren tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 95-105.

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261-268.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2942.

Muhsan, M. (2021). Kemampuan Membedakan Imbuhan dengan Kata Depan dalam Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas X IPA Man Lombok Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Berajah Journal, 1(1), 1 20.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ramlan. (2001). Pengantar Linguistik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfinia Alam Sari, Nur Syamsiyah, Sri Pudjiwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.