Implementasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pada Satuan Pendidikan

Enik Susiana, Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Abstrak ditulis dengan font TNR, 10pt, antara 100 sampai 200 kata. Abstrak memuat tujuan Fenomena maraknya satuan pendidikan yang mengharuskan siswa kelas satu untuk dapat membaca, menulis dan berhitung sebagai syarat Penerimaan Peserta Didik Baru seperti bola salju yang tidak terkendali sedangkan anak usia pra sekolah belum memiliki persiapan yang baik guna menerima materi membaca, menulis, dan berhitung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Metode penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik Penelitian ini dilakukan pada beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Madiun yaitu SD Negeri Glonggong 04. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumnetasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satuan pendidikan menerima siswa dengan menghilangkan test calistung, menerapkan masa pengenalan selama dua minggu, serta membangun kemampuan peserta didik pada pembelajarannya. Gerakan transiisi PAUD ke SD yang menyenangkan mampu menjadikan peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.


Keywords


Gerakan Transisi; PAUD; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, D. S. (2018). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Menciptakan Produk (Hasta Karya. Education, 1–10, 23.

Al Umairi, M. (2023). Pengembangan Interaksi dan Perilaku Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Abad 21. Kiddo : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 4(2), 1–12. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9705

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak PAUD Inklusi. Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 36–47.

Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Guru Di Kota Madiun. Bisma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 145–149. https://doi.org/https://doi.org/10.61159/bisma.v1i2.151

Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320

edukasi.sindonews.com. (2023). P2G Ungkap Alasan Tes Calistung untuk Masuk SD Masih Marak Meski Telah Dilarang. Edukasi.Sindonews.Com. https://edukasi.sindonews.com/read/1060989/212/p2g-ungkap-alasan-tes-calistung-untuk-masuk-sd-masih-marak-meski-telah-dilarang-1680242580

Fitriyah, F., Formen, A., & Suminar, T. (2022). Implementasi PAUD Holistik Integratif dalam Upaya Penguatan Sumber Daya Manusia Unggul. Prosiding Seminal Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 60, 418–422. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1505/989

Istiqomah, L. (2017). Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan Paud. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 57–66. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1255

Mardiyanti, T., Febrini, D., & Fitriana, S. (2021). Pengembangan Model Stimulasi Calistung pada Sentra Persiapan Bagi Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 107–119.

Masitoh, S. I., Aisyah, S., & Karyawati, L. (2023). Dampak Pola Asuh Orang Tua Pengganti terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 10(2), 21–27.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Data Analysis Quantitative. UI-Press.

Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 787–790.

Pebriani, I., & Handayani, K. (2024). Mewujudkan transisi yang lancar:strategi menarik dalam mendukung anak menuju SD dari PAUD. JISMA:Journal of Information Systems and Management, 03(02), 94–98.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Reza, M., & Asbari, M. (2024). Transisi PAUD ke SD : Solusi Pendidikan Menyenangkan. JISMA:Journal of Information Systems and Management, 02(05), 7–10.

Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453

Susilahati, S. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Enik Susiana, Rosyida Nurul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.