Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPAS

Dhimas Yolanda Putra, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Tujuan dari penelitian yaitu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) denigan media Pop-Up Book di dalam proses pmblajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sebagai upaya menumbuhkan kemampuan kognitif peserta didik kelas IV SDN Ngelo 1. Permasalahan yang dihadapi siswa termasuk kurangnya minat belajar dan kesulitan memahami materi pembelajaran IPAS, yang berdampak pada kesulitan meningkatkan kemampuan siswa. Subjek penelitian dilakukan di SDN Ngelo I, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, dimulai dari bulan Maret sampai Juni 2024. Peinelitian ini mengguinakan teknik deskriptif kualitatif dengan jenis survei penelitian tindakan kelas (PTK) atau survei aktivitas kelas. Hasil dari penelitiian menunjukkan bahwasana penggunaan model Problem Based Learning dengan media Pop-Up Book meningkatkan hasil belajar siswa diari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, 2 peserta didik atau 33% siswa tuntas dengan nilai mean 54, kemudian untuk siklus II, nilai mean peserta didik meningkat menjadi 85 dan semua siswa tuntas dengan nilai di atas KKM. Kesimpulannya adalah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up Book efektif dalam menumbuhkan hasil belajar siswa dan menambah wawasan tentang materi IPAS.


Keywords


Problem Based Learning; Pop-Up Book; IPAS; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Francisco, Alecsandro Roberto Lemos. 2018. “Penelitian Tindakan Kelas.” Journal of Chemical Information and Modeling 1(September).

Masturah, E D, L P P Mahadewi, and ... 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar.” Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha 6(2): 212–21. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294.

Nugraha, Widdy Sukma. 2018. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 10(2): 115. doi:10.17509/eh.v10i2.11907.

Rerung, Nensy, Iriwi L.S Sinon, and Sri Wahyu Widyaningsih. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6(1): 47–55. doi:10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597.

Desvariana, Y. (2020, July). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 974-980).

Suyanto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Jurnal Informasi Kimia Dan Pemodelan.

Rizqiyani, S. B., Agustini, F., & Mushafanah, Q. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAP-POPUP BOOK PADA MATERI DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAMNYA DI KELAS IV SD ISLAM SALAFIYAH MARGOMULYO. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(2), 766-775.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dhimas Yolanda Putra, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.