Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Flashcard Math Pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 03 Josenan

Daning Dwi Novitasari, Hendra Erik Rudyanto, Siti Subandiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Flashcard Math. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 03 Josenan Kota Madiun. Jumlah siswa kelas V yang diteliti sebanyak 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui prosedur perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (thinking). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar  37,5 % dengan rata-rata  69,38 Sementara pada siklus II sebesar 87,5% dengan rata-rata 81,88. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Flashcard Math dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 03 Josenan pada mata pelajaran matematika materi bangun datar.

Keywords


Problem Based Learning; Flashcard Math; Bangun Datar; Prestasi Belajar

References


Indofah, A. V., & Hasanudin, C. (2023). Anggapan Siswa Tentang Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), Article 1.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Nurwahid, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Permasalahan Luas Gabungan Bangun Datar Berdasarkan Watson’s Error Category. Journal on Education, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v3i4.388

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1752

Susilo, D. H., M.Pd, D. H. C., & S.Pd, Y. D. S. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., & Refando, A. (2020). Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Bangun Datar. NUSANTARA, 2(2), 365–374.

Walker, A. E., Leary, H., Hmelo-Silver, C. E., & Ertmer, P. A. (2015). Essential Readings in Problem-based Learning. Purdue University Press.

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar | FONDATIA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/515

Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Daning Dwi Novitasari, Hendra Erik Rudyanto, Siti Subandiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.