Penerapan Penggunaan Media Mading Mini Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kelas 4 SDN Ngegong

Arma Wijayanti, Cerianing Putri Pratiwi, Siti Aminah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) perencanaan penggunaan media Mading Mini dalam keterampilan menulis teks prosedur (2) pelaksanaan penerapan media Mading Mini dalam keterampilan menulis teks prosedur (3) hasil belajar setelah penerapan media Mading Mini. Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Ngegong yang berjumlah 29. Pengambilan data tersebut menggunakan observasi dan lembar tes. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur pada setiap siklusnya dengan menggunakan media Mading Mini mengalami peningkatan pada siswa kelas 4. Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur sesuai dengan urutan dan nampak diatas rata rata atau kategori baik pada siklus ke II dibandingkan dengan siklus ke I.

Keywords


Kemampuan Menulis; Media Mading Mini; Teks Prosedur

Full Text:

PDF

References


Agustin, P. H., & Indihadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83-92.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22

Hasmi, L., & Pohan, R. S. D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 5(1), 51-60.

Juniari, M. (2024). Hubungan Antara Penguasaan Kalimat Efektif Dengan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Iv Sd Negeri 27 Pemecutan Denpasar Tahun Ajaran 2023/2024 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Susilowati, E. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Menulis Paragraf Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas III SDN 4 Kradenan Grobogan. Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2), 305-316.

Simatupang, Y. J., Bina, S., & Getsempena, B. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arma Wijayanti, Cerianing Putri Pratiwi, Siti Aminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.