Analisis Kegiatan Sosial Sebagai Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini Di Paud Cendekia Kids School Kota Madiun

Wiwik Widayati, Alisa Alfina, Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Anak usia dini berada pada masa keemasan. Pada masa ini perkembangan anak mengalami proses yang sangat cepat dalam berbagai aspek baik dalam aspek kognitif,psikomotorik ataupun afektif.  Sehingga diperlukan desain pendidikan yang menyeluruh dengan harapan dapat membentuk peserta didik yang berkualitas. Dan diantara potensi yang perlu dikembangkan pada anak usia dini adalah kemampuan sosial emosional. Hal  ini dirasa penting untuk dikembangkan di pendidikan usia dini karena dapat menjadi pondasi pembentukan karakter yang sekaligus menjadi tempat pengembangan kecerdasaan emosional anak, sehingga anak dapat menjalankan norma-norma yang berlaku di masyarakatnya. Dan diantara sekolah yang melaksanakan desain pendidikan yang komperhensif  ini adalah PAUD Cendekia Kids School Kota Madiun. Dan hal ini yang menjadi motivasi untuk menganalisis kegiatan sosial sebagai upaya pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini di PAUD Cendekia Kids School Kota Madiun. Jenis peneltian ini adalah kualitatif dan metode yang digunakan adalah induktif. Sementara pendekatan yang digunakan adalah pendidikan anak usia dini. Dan diantara progam pendidikan yang dilaksanakn di PAUD Cendekia Kids School Kota Madiun adalah Jum’at Berkah. Jum’at Berkah terdiri dari tiga jenis kegiatan, yaitu jum’at sehat,jum’at bersih dan jum’at sedekah. Hasilnya, progam jum’at berkah dapat memotivasi anak untuk menjaga dan peduli akan kesehatan jasmani. Menanamkan rasa peduli dan tanggung-jawab akan kebersihan lingkungan. Dan menstimulasi rasa empati dan iba kepada orang lain yang yang membutuhkan dengan berbagi kepada orang-orang yang perlu uluran bantuan, dimana hal ini juga menumbuhkan rasa syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan, terima-kasih dan sayang kepada orang tua yang telah memberikan segala-galanya kepada mereka.


Keywords


Kegiatan Sosial; Kemampuan Sosial Emosional; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Arniansyah, dkk.(2018). Pelatihan Empati Dan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 6-12 Tahun di RPTRA,

Ayu, P. (2023). Pengembangan Sosial Emosional Melalui Metode Pembiasaan Anak Usia 5-6 Tahun di Tk

Kartika II-26 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Baron & Byrne. (1994). Social Psychology : Understanding Human Interaction, USA: Needham Heights

Allyn & Bacon Inc.

Beaty., J., J.(2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh, Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

Berutu, R. E. & Herawati, J. Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia

Dini. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. 2(3): 11425-11431.

Hurlock, E. 1999). Perkembangan Anak. Jilid 2. (Alih bahasa: Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah

Zarkasih). Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Dwi Yulianti. (2010). Belajar Sambil Bermain Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT. Indeks.

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz media. Hasibuan, S.P Malayu.

(2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi,Jakarta: Bumi Aksara.

Jamilah, S. (2017). Pengembangan Sosial-Emosional Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran)

Di Kelompok B Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini. 1(1): 83–101.

Kartini Kartono. (1990). Psikologi Anak Psikologi Perkembangan, Bandung: Morang Tuar maju

Atmaja, T. S., Dewantara, J. A. and Utomo, B. B. (2020) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah

Menengah Atas (SMA) Perbatasan Entikong Kalimantan Barat’, Jurnal

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Munandar, S. (2006). Ilmu Sosial Dasar. Bandung: PT Refika Aditama.

Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K.( 2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud

Agapedia, 1(1)

Retnowati, W. I. (2009). Hapus Gelisah Dengan Sedekah, Jakarta : Qultummedia Risnawati, A., Zaenuri,

Z., & Fauzi, W. N. A. (2020). Pengembangan Kecerdasan

Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 106-116.

Setyaningsih, S., & Sugiman, S. (2020). Implementasi Ajaran Tri Hita Karana dalam Pengembangan Aspek

Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak- Kanak Kemala Bhayangkari Kabupaten Pati. Widya Aksara. 25(1): 51-66. Suryani, N.A.(2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A.Jurnal Ilmiah POTENSIA. 4(2), 141-150.

Wiyani, N.A. & Barnawi. (2016). Format PAUD, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dr. Nussa Putra, S,F. M.PD dkk (2012) penelitian kualitatif PAUD, Jakarta Utara: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Anita

yus. 2011. Pendidikan Anak usia dini. Kencana Prenada Media group, Jakarta Sudjana, Nana 2010. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketiha belas, Bandung.

Khairil. 2013. Pengelolaan Kegiatan pengembangan anak usia Dini Luluk dkk,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wiwik Widayati, Alisa Alfina, Rosyida Nurul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.