Pengembangan Modul Ajar dengan Pendekatan Social Emotional Learning pada Materi Bangun Ruang

Alwida Ardyanti, Titin Masfingatin, Reza Kusuma Setyansah

Abstract


Social Emotional Learning merupakan suatu pendekatan yang membantu peserta didik untuk lebih memahami emosi, merasakan emosi tersebut sepenuhnya, dan menunjukkan empati terhadap orang lain pada saat pembelajaran. Social Emotional Learning dapat membantu peserta didik dalam membuat keputusan yang positif dan bertanggung jawab agar tujuan hidup tercapai sekaligus membangun hubungan positif dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar dengan pendekatan Social Emotional Learning pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini hanya melibatkan sebanyak 10 peserta didik kelas VII dari SMP Negeri 2 Geger pada semester genap 2023-2024. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi modul ajar, angket respon peserta didik dan soal pre-test dan pos-test. Hasil penelitian bahwa modul ajar dengan pendekatan Social Emotional Learning pada materi bangun ruang dinyatakan cukup valid berdasarkan rata-rata presentase kevalidan sebesar 84%, memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil persentase angket respon peserta didik sebesar 86,67%, efektif dalam kriteria sedang berdasarkan nilai N-Gain berdasarkan hasil tes hasil belajar peserta didik sebesar . Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk menerapkan modul ajar dengan pendekatan Social Emotional Learning pada materi bangun ruang dalam pembelajaran.


Keywords


Modul Ajar; Social Emotional Learning; Bangun Ruang

Full Text:

PDF

References


Afrinaval, G., & Syamwil, S. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sarolangun | JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL [JMPIS]. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1626

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran (2nd ed.). Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=860002#

Anita, Y., Waldi, A., Akmal, A. U., Kenedi, A. K., Hamimah, H., Arwin, A., & Masniladevi, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Social And Emotional Learning untuk Meningkatkan Nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7087–7095. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3280

Fikri, A., Muhammad, G., Adila, R., Aisa, S., Saputri, F. A., Putri, A. P., Marisya, M., Ardela, N., Kamadhillah, F. R., & Desrianti, R. (2023). Sosialisasi Kepada Siswa SMKN 1 Kempas Mengenai Stop Bullying Pencegahan Tindak Kekerasan Di Sekolah Jadilah Sahabat Bukan Pelaku Bullying Oleh Mahasiswa Kukerta Universitas Riau. Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.56444/perigel.v2i3.1075

Firdaus, H., Laensadi, A., & ... (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal …, Query date: 2023-11-13 15:42:22. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5302

Guntara, Y. (2020). Normalized gain ukuran keefektifan treatment. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Query date: 2023-11-13 15:42:22. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8161

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nasution, N., Dewi, E., & Ummah, S. V. R. Q. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan Pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3262

Priantini, D., Suarni, N., & ... (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan …, Query date: 2023-11-13 15:42:22. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1386

Ruspa, A., Bumbungan, B., Nur, H., & Parubang, D. (2022). Bimbingan Teknis Pemahaman CP, Penyusunan TP/ATP, dan Modul Ajar di SD Negeri 7 Ponjalae Palopo. Abdimas …, Query date: 2023-11-30 22:40:05. https://www.pusdig.web.id/abdimas/article/view/78

Sugiyono, P. D. (2015). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. ALFABETA,CV.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427

Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & ... (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of …, Query date: 2023-11-13 15:42:22. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/2122


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alwida Ardyanti, Titin Masfingatin, Reza Kusuma Setyansah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.