Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 4 SDN 01 Nambangan Kidul

Alfando Gayus Kuncoro, Elly’s Mersina Mursidik, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Pendidikan Pancasila (PKn) mengajarkan siswa tentang perilaku warga negara Indonesia yang baik dan bagaimana negara seharusnya. Meskipun demikian, ada fenomena ketika beberapa siswa menunjukkan kurangnya antusiasme dalam mengikuti pembelajaran kelompok. Hasil belajar siswa terpengaruh dan tingkat kebosanan mereka terhadap kegiatan belajar meningkat karena kurangnya variasi model pembelajaran. Diperlukan solusi untuk berbagai model pembelajaran kontemporer yang mampu menginvestigasi hasil belajar siswa, seperti model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model VCT terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Experiment Design dipilih sebagai desain penelitian, dan tipe Post-test Only Control Group dipilih sebagai desain penelitian. Nilai rata – rata yang meningkatkan  menunjukkan bahwa terdapat pengaruh VCT terhadap hasil belajar PKn siswa.


Keywords


Pendidikan Pancasila; Value Clarification Technique (VCT); hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Agustin, N., & Hamid, S. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Terhadap Penalaran Moral Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 59–74.

Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2018). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas X SMA Lab Singaraja. Tesis, 1. https://media.neliti.com/media/publications/5192-ID-pengaruh-pelaksanaan-pembelajaran-dan-kebiasaan-belajar-terhadap-hasil-belajar-e.pdf

Dewi, N. R., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) Tipe Percontohan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKN Kelas IV SDN 3 Peresak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1465–1474. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/265/228

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519

Purnomo, A., Kanustamha, M., Fitriyah, Guntur, M., Adawiyah, R. S., Ritonga, S., Ilham, S. N., Maulidah, S., & Listantia, N. (2022). Pengantar Model Pembelajaran.

Purwanto. (2020). Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084

Soenarko, B., & Mujiwati, E. S. (2016). Pengembangan Karakter Rasa Tanggungjawab Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pada Mahasiswa Tingkat I Program Studi Pgsd Fkip Universitas Nusantara Pgri Kediri. Efektor (E), 3(2), 1–15.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan RnD) (25 ed.). ALFABETA.

Suprijono, A. (2016). MODEL - MODEL PEMBELAJARAN EMANSIPATORIS (1 ed.). Pustaka Pelajar.

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718–729. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.836

Widiana, I. W. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48841

Yanti, R., Aziz, A. M., & Idawati. (2021). Pengaruh model value clarification technique (vct) berbantuan lkpd liverworksheet terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas iv sdn 226 patande kabupaten luwu timur. November, 182–191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfando Gayus Kuncoro, Elly’s Mersina Mursidik, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.