Penerapan Media Pembelajaran MUTAN (Misteri Ular Tangga Aktivitas Nikmati Pengetahuan) dalam Materi Pantun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 di MIN 2 Madiun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran MUTAN (Misteri Ular Tangga Aktivitas Nikmati Pengetahuan) dalam materi pantun bahasa Indonesia di MIN 2 Madiun. Media MUTAN dirancang sebagai alat interaktif yang menggabungkan permainan ular tangga dengan aktivitas pembelajaran kreatif, yang diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran pantun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 17 siswa kelas 5 MIN 2 Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media MUTAN dapat menarik perhatian siswa hal ini dapat dilihat dari minat dan antusiasme dalam belajar pantun, sehingga pada akhir pembelajaran siswa dapat membuat pantun, baik dari segi struktur, rima, maupun kreativitas. Temuan ini menyimpulkan bahwa media MUTAN efektif sebagai alat pembelajaran yang inovatif untuk kreativitas siswa dalam menulis pantun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adelia Asa Rafidah, Abel Yusserma Kurniawan, Husnun Nabila Putri, Della Aulia Meisari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.