Penerapan Model PBL Berbantuan E-BSI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Kepuhrejo Magetan

Astri Oktaviana, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pbl berbantuan media E-Book pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Kepuhrejo dan (2) peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media E-Book pada siswa kelas IV di SDN Kepuhrejo.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian melibatkan 14 siswa kelas IV SDN Kepuhrejo di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan, terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan penerapan model PBL berbantuan media e-book pada pembelajaran Bahasa Indonesia, kekurangan tersebut dapat diatasi dan tujuaan pembelajaran yang diinginkan tercapai. Pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I terlihat ketika proses pembelajaran siswa kurang konsentrasi sehingga siswa kurang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru dan kurang aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi serta kurang aktif dalam bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui, sehingga diperoleh persentase sebesar 50%. Perbaikan pada siklus II akhirnya mengalami peningkatan dengan hasil mencapai 85,7%. Sehingga hal ini juga menjawab hipotesis yang telah dibuat peneliti bahwa ada peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV melalui penerapan model PBL berbantuan media e-book.

Keywords


PBL; E-book; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Apriyani, E. (2021) ‘Problem Based Learning (PBL) Model In Improving Elementary Student Learning’, SHEs: Conference Series, 4(6), pp. 03–09.

Arini, R.S., Ekowati, D.W. and Sulistyawati, R.J. (2023) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DEKRIPSI PADA SISWA KELAS IV-C SDN PURWANTORO 1 MALANG’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.

Azhiza, K.R. and Yamin, Y. (2022) ‘Pengaruh Media Gambar Berseri terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), pp. 5720–5726.

Handayani, E.S. and Subakti, H. (2021) ‘Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(1), pp. 151–164.

Khasanah, E.U., Chairiyah and Atun, S. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 1 Kragilan Gantiwarno Klaten’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1).

Martha, Z.D., Adi, E.P. and Soepriyanto, Y. (2018) ‘E-book berbasis mobile learning’, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), pp. 109–114.

Muchib, M. (2018) ‘Penerapan model PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia’, Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), p. 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356.

Nisa, K. et al. (2023) ‘Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), pp. 948–955.

Nurrita, T. (2018) ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA’, Misykat, 03(01), pp. 171–187.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I.M. and Sumantri, M. (2018) ‘Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), p. 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.

Sakdiah, S. (2019) ‘Akademika: Vol. 15 No. 1 Juni 2019 46 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PBL (’, 15(1), pp. 46–61.

Sanjaya (2023) ‘Pengaruhpenggunaan Buku Elektronik Terhadap Hasil Belajar ’, Sanjaya, Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik Terhadap Hasil Belajar, pp. 1–6.

Setianingrum, D., Pagarra, H. and Zusanti (2022) ‘Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas 3 SD’, Pinisi Journal PGSD, 2(6), pp. 1301–1308.

Wijaya, D.A., Dermawan, T. and Ulfa, L.N.H. (2023) ‘PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NARASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS IV UPT SD NEGERI KAWERON 02’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Astri Oktaviana, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.