Problematika Penggunaan ChatGPT Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyani, N. (2014). Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 94–106.
Aiman, F., & Imas, K. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463.
Batubara, U. N., & Sudrajat, A. (2019). Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Pembelajaran Sejarah. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 335. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i15
Ben. (2023). ChatGPT can hinder students’ critical thinking skills. Diambil 29 Juli 2024, dari Queen’s Journal website: https://www.queensjournal.ca/chatgpt-can-hinder-students-critical-thinking-skills/
Khyber, I. U., Khan, N. F., Khyber, I. A., Sami, A., Uddin, I., Fayyaz, N., … Ali, I. (2023). Getting to Know ChatGPT: An Introduction to Implementation and Working. Proceedings of 1 st International Conference on Computing Technologies, Tools and Applications, (August). Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/372890276
Kuntowijoyo. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah (1 ed.). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). Penggunaan Chatgpt Dalam Tinjauan Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090
Pratiwi, M. A., & Aisya, N. (2021). Fenomena plagiarisme akademik di era digital. Publishing Letters, 1(2), 16–33. https://doi.org/10.48078/publetters.v1i2.23
Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Sarrion, E. (2023). Exploring the Power of ChatGPT: Applications, Techniques, and Implications. Exploring the Power of ChatGPT, hal. 1–204.
Study.com. (2023). Productive Teaching Tool or Innovative Cheating? Diambil 26 Juni 2024, dari Study.com website: https://study.com/resources/perceptions-of-chatgpt-in-schools
Subakti, Y. R. (2021). Tantangan Guru Sejarah Dalam Mengajar Dan Belajar Berbasis Hots. Historia Vitae, 01(01), 52–71. Diambil dari https://nasional.kompas.com/read/2016/03/02/09264011/Amnesia.Sejarah.dan.Melempemnya.Kiri.?page
Tlili, A., Shehata, B., Adarkwah, M. A., Bozkurt, A., Hickey, D. T., Huang, R., & Agyemang, B. (2023). What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00237-x
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Setya Yoga Pratama, Yudi Hartono, Siti Nurkholipah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.