Efektivitas Media Pembelajaran Digital Berbasis E-comic dalam Pembelajaran PPKn untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMPN 3 Magetan

Hanni Handayani, Nuswantari Nuswantari, Yuni Harmawati

Abstract


Mata Pelajaran PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik menjadi seorang warga negara yang baik, salah satunya adalah dalam menumbuhkan karakter. Tidak banyak peserta didik yang menyukai mata pelajaran PPKn karena mata pelajaran PPKn bersifat membosankan dan sulit untuk dipahami. Adapun kendala yang didapat pada proses pembelajaran PPKn yaitu guru belum menerapkan media pembelajaran yang variatif karena guru lebih banyak menggunakan media PPT dan sumber referensi dari buku. Guru perlu mengkombinasikan suatu media yang menarik sebagai bahan ajar yang dapat mendorong terbentuknya karakter pada diri peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba untuk mengimplementasikan media pembelajaran digital berbasis e-comic dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Peneliti menggunakan rumus skor N-Gain sebagai acuan untuk menentukan keefektifan media pembelajaran e-comic. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran e-comic sangat efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn.hal ini diperoleh bahwa setelah melakukan eksperimen, peneliti memperoleh hasil skor rata-rata pada angket penumbuhan karakter sebesar 84,59% dengan kategori sangat praktis dan sangat efektif. Hasil tes yang diperoleh peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran e-comic adalah 63%. dengan kategori cukup efektif.


Keywords


media pembelajaran digital, e-comic, PPKn, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ginting, S., & Siagan, Y. A. T. (2020). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dengan Karakter Siswa Di SMP Swasta HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 54–75.

Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685

Hanifah, H., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Hak , Kewajiban , Dan Tanggung Jawab Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI. Journal of Social Science and Education, 04(01), 1–10.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Penddikan, 11(2), 225–238. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html

Najwa, A., Dewi, R. S., & Lestari, R. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 3 Kota Serang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1637–1646.

PERMENDIKBUDRISTEK RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2022 Tentang Penilaian Buku Pendidikan (pp. 1–11).

Prakoso, G. B., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Membangun Rasa Toleransi dan Wawasan Nusantara dalam Bermasyarakat. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 67–71. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7464

Rafzan, Lazzavietamsi, F. A., & Ito, A. I. (2020). Civic Competence Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(2), 81–89.

Rahmatiani, L. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pembentuk Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan, 87–94.

Rahmatiani, L., & Saylendra, N. P. (2021). Pembentukan Civic Disposition Peserta Didik Berbasis Kompetensi Abad 21. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 54–63. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.6216

S, S. S. A., Suherman, & Fadlullah. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (edisi ke-3). Bandung: Alfabeta.

Uchrowi, Z., & Ruslinawati. (2021). Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (Cetakan 1). Jakarta Pusat: Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. http://www.fkip.unsyiah.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Hasil-Tes-Online-2015.pdf

Wardhani, D. C. D. A. K., & Kuswono. (2022). Pengembangan Media Komik Digital pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SMK. Jurnal Swarnadwipa, 6(2), 54–61. https://doi.org/10.24127/sd.v6i2.2733


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanni Handayani, Nuswantari Nuswantari, Yuni Harmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.