Systematic Review Literature: Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains pada Mata Pelajaran Fisika (2018-2023)

Langgeng Nitya Mazidah, Iwan Permana Suwarna

Abstract


Kemampuan literasi sains di abad ke-21 menjadi faktor penting untuk membantu meningkatkan kualitas setiap individu terhadap mengatasi masalah di era yang semakin berkembang. Kualitas penduuduk Indonesia dalam literasi sains dalam kategori tingkatan rendah. PISA 2022 mengungkapkan bahwa indonesia memperoleh skor literasi sains 383. Hal ini menjadi masalah yang harus diatasi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis literatur dengan topik model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan literasi sains pada pembelajaran fisika. Metode penelitian ini adalah menggunaan metode systematic literature review (SLR) dengan langkah-langkah mulai dari Identification, screening, eligibility, dan included. Penelitian analisis literatur yang telah dilakukan penyeleksian secara bertahap melalui prosedur sistematis. Hasil menunjukan terdapat 8 dari 217 literatur yang layak untuk dianalisis sesuai dengan inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan. Analisis dari 8 literatur menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dari pembelajaran dengan model CTL terhadap kemampuan literasi sains pada pembelajaran fisika.


Keywords


Contextual teaching and learning, Literasi sains, dan Fisika

Full Text:

PDF

References


Alannawa, R., & Hidayati, L. (2021). Analisis Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran Bidang Keterampilan Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 10(02), 1–10.

Arafatu, S., Sukarno, & Abdul, R. (2022). Pengaru Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Literasi Sians Siswa di SMA. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(April 2021).

Azmarita, T., Helmi, & Azis, A. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) LUAR KELAS BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS XI MIPA SMAN 8 MAROS. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, April.

Fatmala, S. A., Sujana, A., & Maulana, M. (2017). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD Kelas V pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 211–220. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10656

Hermanto, M. (2021). PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA SMP (Y. Setiawan & M. Hidayat (ed.)). Penerbit P4I.

Masfufah, F. H., & Ellianawati. (2020). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Bermuatan Etnosains. Unnes Physics Education Journal , 9(2), 129–138. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Mungawanah, K., Supriyati, Y., & Marpaung, M. A. (2018). The Influence of Contextual Learning Model and Critical Thinking to Science Literacy of High School First Year Students. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012124

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Nurhasanah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika “Physicsmagz” Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatakan Kemampuan Literasi Sains. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 53. https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.129

Nurhasnah, & Ayuna Sari, L. (2020). E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Nurhasnah *). Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 29–40.

OECD. (2016). PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy.

Paradila, S., & Syamsu. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Sains Fisika Peserta Didik Di Mts Al-Khairaat Sidoan. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 10(1), 32–36.

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2023). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427–433. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167

Syamsul, H. (2019). Systematic Review: Meta Sintesis untuk Riset Perilaku Organisasional, ed (Cetakan 1). viva victory.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Yani, F., & Hasibuan, V. U. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Terhadap Motivasi dan Kemampun Literasi Sains Untuk Peserta didik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(7), 3362–3371.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Langgeng Nitya Mazidah, Iwan Permana Suwarna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.