Penerapan Konseling Kelompok Teknik Modelling untuk Mereduksi Burnout Akademik Peserta Didik SMA

Bagus Arya Wibawa, Ibnu Mahmudi, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan konseling kelompok yang menggunakan strategi modeling untuk mengurangi burnout akademik siswa SMA. Pendekatan penelitian yang sedang diupayakan adalah salah satu studi literatur. Pada penelitian ini menggunakan berbagai macam sumber tertulis seperti buku, jurnal ilmiah, penelitian terdahulu dan penelitian dalam bentuk skripsi, tesis, disertasi yang relevan. Metode studi literatur dilakukan dengan kajian kepustakaan data-data bahan melalui laman google scholar. Burnout akademik merupakan suatu keadaan kejenuhan atau kelelahan yang dialami peserta didik karena ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas akademik sehingga mengakibatkan perubahan perilaku kearah negatif dan penurunan prestasi akademik. Konseling kelompok merupakan layanan bantuan yang diberikan konselor kepada konseli untuk mengatasi permasalahan burnout akademik dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Teknik modelling digunakan supaya peserta didik mengaplikasikan perilaku baru dengan proses yaitu pengamatan, observasi, menggeneralisir perilaku orang atau tokoh lai. Hasil studi ini mendeskripsikan bahwa terdapat permasalahan burnout akademik sebesar 74% dan tegolong pada tingkatan tinggi sebelum dilakukan konseling kelompok. Bentuk burnout akademik yang terjadi adalah seperti siswa merasa jenuh belajar, sering mengabaikan tugas, dan sikap menghindar dari kegiatan akademik. Setelah dilakukan layanan konseling kelompok tingkat burnout akademik mengalami penurunan menjadi 34% pada tingkatan rendah. Dengan demikianlayanan konseling kelompok teknik modelling dapat mereduksi perilaku burnout akademik pada peserta didik.


Keywords


konseling kelompok, burnout akademik, teknik modelling

Full Text:

PDF

References


Amanda, P. C., & Satiningsih. (2022). Studi kasus: Kelelahan (Burnout) Akademik pada Siswa Kelas XII Pasca Kematian Orangtua. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9, 127–137.

Andi, N. A. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Bimbingan Dan Konseling, 1, 71.

Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 8–15.

Durrotunnisa, D., Lestari, M., & Ridwan, S. (2023). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 351-362.

Dyah, W. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dan Student Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Sidoarjo

Ema Sukmawati, Martin, S. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 198–206.

Faridah, D. N. (2015). Efektivitas Teknik Modelling Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Hormat Peserta Didik ( Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 05(01), 45–66.

Hajijah, H. (2021). Efektifitas Teknik Modeling Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Online Siswa Mts Nurul Hikmah Aek Gerger Simalungun (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Lubis, W. A. (2019). Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Dengan Teknik Modelling Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas Xi Sma Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 Skripsi.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 201–211. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40975

Putri, E. V. A. Y., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2020). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik.

Rahman, D. H. (2020). Validasi School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 85–93. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32579

Sitanggang Rasmi (2021). (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 ( Studi Literatur ). Ilmu Pendidikan Vol 3 No 6 Tahun 2021 P-ISSN 2656-8063 e-ISSN 265-8071, 3(6), 5101–5108.

Sumarni, N. M. (2019). Penerapan Model Konseling Behavioral Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self Intraception Siswa. Journal of Education Action Research, 3(4), 433. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22479

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bagus Arya Wibawa, Ibnu Mahmudi, Noviyanti Kartika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.