Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Komunikasi Matematis

Anisya irania, Octarina Hidayatus Solikhah, Sri Budyartati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Literasi Komunikasi Matematika. Metode penelitian yang dipergunakan pada kajian ini ialah kuantitatif berupa penelitian eksperimental dengan desain eksperimental semu (Quasi Experimental). Sampel yang nantinya dipergunakan yakni semua siswa kelas V di MIN 3 Magetan yaitu 34 siswa kelas VC yakni eksperimen juga 36 siswa kelas VE yakni kontrol. Teknik sampling yang dipakai cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pretes, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, keseimbangan, dan hipotesis. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) sudah baik.


Keywords


pendekatan matematika realistik, literasi komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Ahmad Zubaidi, R. L. (2013). Pengguaa Media Pembelajaran Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan hasil Belajar. Jurnal PGSD, 1–16.

Aini, D., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., & Raden, N. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR.

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori dan Praktis). In Widina Bhakti Persada.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian (15th ed.). Rineke Cipta.

AZZAHRA. (2017). Pengaruh Model Case Based Learning (Cbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Jamur. 1–256.

Chairunisa, N. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 298–308. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Claudia, S., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 210–221. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.26382

Dyah Anungrat Herzamzam. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Numerical solutions for non-Markovian stochastic equations of motion. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4). https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Margareth, S., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3950–3973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015

Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primar Edu, 1(1), 69–82. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316/89

Nofrianto, A., Maryuni, N., & Amri, M. A. (2017). Komunikasi matematis siswa: pengaruh pendekatan matematika realistik. Jurnal Gantang, 2(2), 113–121.

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71

Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model Pisa. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 75–78. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Putra Imam Wijaya, H., Sujadi, I., Magister Pendidikan Matematika, P., & Universitas Sebelas Maret Surakarta, F. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai Dengan Gender Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Balok Dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa Smp Kelas Viii Smp Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 778–788. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33

Stacey, K. (2015). Selected Regular Lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education. Selected Regular Lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education, 771–790. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17187-6

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (N. Apri (ed.); 3rd ed.). ALFABETA.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Wu, S., Wang, S., Mao, Y., & Su, Y. (2001). Trying to enlarge the sky coverage of the FAST. Astrophysics and Space Science, 278(1–2), 249–253. https://doi.org/10.1023/A:1013199923212

Yandiana, S. N., & Ariani, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Pecahan di Sekolah Dasar [The Effect of Realistic Mathematics Education Approach (MEA) on Learning Outcomes of Fractions in Elementary School]. MATHEdunesa, 4(3), 2946.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teacher (Doctoral disertation, University of Twente, Enschede). Thesis University of Twente, Enschede. - With Refs. - With Summary in Ducth ISBN 90 365 18 45 8, 1–218. https://repository.unsri.ac.id/6353/%0Ahttps://repository.unsri.ac.id/6353/1/thesis_Zulkardi.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisya irania, Octarina Hidayatus Solikhah, Sri Budyartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.