Literasi sejarah pengelolaan hutan di indonesia sebagai sumber pembelajaran kurikulum merdeka (studi di hutan pinus nongko ijo kare madiun jawa timur)

Sastiya Devy Nur Pratiwi, Muhammad Hanif, Novi Triana Habsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah dan perkembangan pengelolaan hutan di Indonesia khususnya hutan pinus Nongko Ijo yang berada di Kare Kabupaten Madiun dan potensinya sebagai sumber pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Peneltian dilakukan di kawasan hutan Kare yang terdapat beragam pohon Nongko Ijo. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data melalui triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menujukan: 1) Sejarah pengelolaan hutan di Indonesia menunjukkan kecenderungan masyarakat berperan penting seperti dalam perkembangan dan pelestarian hutan pinus Nongko Ijo; 2) Sejarah pengelolaan hutan di Indonesia, khususnya hutan pinus Nongko Ijo potensial sebagai sumber pembelajaran terkait dengan nilai-nilai sejarah, sehingga dapat menunjukkan relevansinya dengan perubahan-perubahan dalam proses kemajuan dan perkembangan literasi berdasarkan pembelajaran Kurikulum Merdeka.


Keywords


Literasi Sejarah, Pengelolaan Hutan, Sumber Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Cahyanto, T., D. C. dan T. S. (2014). Analisis Vegetasi Pohon Hutan Alam Gunung Manglayang Kabupaten Bandung. Jurnal Istak, 2(8), 145–161.

Ekawati, S., Budiningsih, K., Sylviani, S. E., & Hakim, I. (2015). Kajian tinjauan kritis pengelolaan hutan di Pulau Jawa. Policy Brief, 9(1). http://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/images/docs/PB.2015.1.pdf.

Herman, K. (2015). Komunikasi Pemerintah Dalam Pengelolaan Tambang di Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmu Pemerintahan, V(2), 183.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sholikah, M., & Oktarina, N. (2019). Pelaksanaan Pengelolaan Kearsipan Untuk Menunjang Akuntabilitas Sekolah. Publika : JIAP, 7(3), 1178–1192. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.283 48 .

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabetha.

Tim, K. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahid, A. R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sastiya Devy Nur Pratiwi, Muhammad Hanif, Novi Triana Habsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.