Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas II SDN Bungkuk

Asih Utami, Dewi Tryanasari, Suhartriana Suhartriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar tematik melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas II SDN Bungkuk. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral C.Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Diskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar tema Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan dari berdasarkan ketuntasan pra siklus, siklus 1, siklus 2 sebesar 28,5%, 57,15% dan 85,71%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik.

Keywords


Pembelajaran Tematik, Pendekatan Problem Based Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Marzuki. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema Pengalamnku Subtema Pengalaman Bersama Teman Siswa Kelas 1 Melalui Pendekatan Sintifik Metode Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 1 Karanglewas Lor Tahun Ajaran 2014/2015. Purwokerto: Digital Library UMP.

Ades, Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara : Jakarta. Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2003). Undang - undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mustamilah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hail Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas I SD Negeri 1 Gosono Wonosegoro Boyolali. Jurnal Kependidikan Scholaria, Vol. 5, No. 1, 24-38.

Permendikbud. (2013). Undang-Undang Nomor 57 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Permendikbud.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rusman. (2015). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Wardani, Naniek Sulistya, dkk. (2012) . Asesmen Pembelajarn SD. Salatiga: Widya Sari Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asih Utami, Dewi Tryanasari, Suhartriana Suhartriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.