Model Pembelajaran Pjbl dengan Media Pembelajaran Papan Ajaib Lotre Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Gondang

Hanik Nur Istiqomah, Rissa Prima Kurniawati, Risya Ariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas Model Pembelajaran PjBL dengan media pembelajaran papan ajaib lotre dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Gondang. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dengan 2 siklus sebagai pendekatan penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PjBL dengan papan ajaib lotre secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa menunjukkan antusiasme dan keterlibatan yang tinggi dalam proses pembelajaran, serta berhasil mencapai tingkat ketuntasan nilai yang baik. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa Model Pembelajaran PjBL dengan media papan ajaib lotre dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat SD.

Keywords


Model Pembelajaran PjBL, Media Ajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ayu, M., & Suraji, P. (2022). Model (PjBL) Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Fpb Dan Kpk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 979–984.

Hafshari, N. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Papan Sipat-Siput pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 467–479. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1643

Hasanah, U., Hidayat, M. J., Khotimah, H., Almadina, I., Azkiah, N., Ramadani, P. A., Arshaff, D., Ramadani, P., & Helmi, &. (2022). Strategi pembelajaran literasi dan numerasi menggunakan media papan membaca dan papan pintar untuk meningkatkan minat belajar Siswa SDN 012 Rambah Hilir. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, 4, 2022–2033. https://doi.org/10.31258/unricsce.4.198-203

Nurrahmah, A., Hikmah, N., & Kusumawardani, R. (2018). Penerapan Alat Peraga Papan Ajaib untuk Materi Operasi Hitung Pecahan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 124–134.

Prasetyanto, D., Syaf, A. H., & Rahayu, Y. N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Lottery Card Terhadap Pencapaian Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Smp Pada Pokok Bahasan Segiempat. Jurnal Analisa, 2(1), 2549–5135. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Putri, R., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2716

Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040–6048. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1803

Widiastutik, D., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4090–4096.

Yosiva, A., Hendrawan, B., & Suci Pratiwi, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar (Papin) dan Katalog Ajaib (Kajib) untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaKelas IV SDN 1 Kaliwalu. Jurnal PGSD, 7(2), 20–26.

Zaenal Fais, M., Listyarini, I., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. In Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Vol. 3, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanik Nur Istiqomah, Rissa Prima Kurniawati, Risya Ariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.